Dear Diana

Batita Berkata Kasar

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents -

BATITA BERKATA KASAR

? Dear Diana, anak saya perempuan usia 3 tahun. Ia termasuk anak yang aktif dan cerdas. Hal ini terlihat dari caranya berbicara dan menanggapi pembicaraan maupun keadaan di sekitarnya. Masalahnya, akhir-akhir ini ia sering melontarkan katakata kasar. Apa yang harus saya lakukan? Bagaimana sebaiknya saya bersikap dalam menghadapinya? Bagaimana agar ia tidak lagi berkata kasar dan mengerti bahwa hal itu tidak baik? Saya khawatir ia akan sulit menerima penjelasan saya bahwa itu tidak baik. Karena, ia melihat dan mendengar

j

Halo Mom, Senang ya melihat si kecil tumbuh cerdas. Namun, memang anak yang cerdas itu mudah menangkap apa yang ada di sekitarnya. Termasuk hal-hal yang baik dan buruk. Coba observasi dulu dari mana ia mengetahui kata-kata ini. Apakah dari tontonan, teman-teman, atau orang dewasa di sekitarnya. Bila dari tontonan dan orang sekitar, bisa dicegah dengan sementara menghindarinya. Karena, tentunya Si Kecil akan merasa bahwa ucapan itu normal karena orangorang di sekitarnya juga menggunakannya. Gunakan buku untuk menjelaskan tentang kata-kata yang baik dan kata-kata yang buruk. Carilah dan bacakan buku cerita mengenai bagaimana kata-kata kasar bisa menyakiti hati teman. Ingatkan juga saat ia menggunakan kata-kata tersebut. Katakan bahwa kata-kata itu tidak baik dan bisa membuat orang lain sedih atau bahkan marah. Berikan kata-kata pengganti agar ia tahu kata-kata yang lebih tepat. Pengetahuan kosa katanya pun juga akan bertambah. Dan tentunya, berikan contoh yang baik agar ia tidak meniru.

bagaimana orang-orang di sekitarnya melakukan hal yang saya katakan tidak baik tersebut.” Julia, ibu dari Farel, 3

Rosdiana Setyaningrum, M.psi, M.HPED, ibu dari Alyssa, 16, dan Amalia, 12, adalah psikolog alumni Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Master of Health Profession Education dari University of New South Wales, Sydney. Diana menjadi psikolog di RS Pluit, pengajar di Linguistic Council Indonesia untuk anak­anak berkebutuhan khusus, dan dosen di Fakultas Psikologi James Cook University, Singapura. Diana juga menjadi konselor di Sekolah Pelangi Kasih Kelapa Gading dan aktif menulis untuk berbagai majalah di Indonesia dan Singapura.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.