Birth

Kemewahan Pasca-melahirkan

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents -

Banyak suka cita yang Anda rasakan sebagai ibu baru. Di sisi lain, banyak perubahan yang membuat Anda harus melakukan penyesuaian. Apakah Anda kadang merasa lelah dengan perubahanperubahan ini? Tenang Moms, itu wajar! Bukan tidak mungkin beberapa kegiatan yang sebelumnya Anda anggap lumrah dan biasa dilakukan, kadang jadi terasa sulit karena sebagian besar waktu Anda habis tercurah untuk sang buah hati. Saking sulitnya, kegiatan-kegiatan tersebut kini jadi terasa ‘mewah’. Jangan putus asa Moms. Walaupun kadang tidak mudah untuk dilakukan, pastikan Anda tetap bisa merasakan ‘kemewahan-kemewahan’ tersebut. Bukan hanya untuk kebaikan Anda, tapi juga untuk Si Kecil. Ingat, “Happy Mom, Happy Kid”. Berikut beberapa hal ‘mewah’ yang bisa Anda lakukan:

1 Tidur Cukup

Kurang tidur sudah pasti dirasakan oleh semua ibu yang baru melahirkan. Tak heran, jika tidur menjadi terasa mewah bagi Anda, Moms. Kantong mata pun mulai muncul sejak Anda sering begadang demi Si Kecil. Meskipun kuantitas tidur berkurang, usahakan Anda tetap merasakan tidur yang berkualitas, Moms. Saat Si Kecil tidur, sebaiknya Anda juga ikut tidur,

Kehadiran Si Kecil akan membawa berbagai perubahan dalam hidup Anda, Moms. Nikmati setiap perubahan tersebut dengan menciptakan berbagai ‘kemewahan’ yang tetap bisa Anda rasakan setelah menjadi seorang ibu.

untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda. Jika memang Anda merasa sudah sangat lelah dan membutuhkan tidur yang nyenyak, mintalah bantuan pasangan atau anggota keluarga yang bisa diandalkan, untuk bergantian menjaga dan mengurus Si Kecil. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, bukan hanya berdampak positif bagi diri Anda, tapi juga bagi keluarga dan orang di sekeliling Anda. Karena dengan cukup tidur, mood Anda akan lebih stabil dan Anda lebih bisa mengontrol emosi, Moms.

2 Makan Lahap

Meski sibuk, jangan sampai lupa makan teratur dan bergizi ya, Moms! Makanan bergizi tidak hanya bermanfaat untuk melindungi badan tetap sehat, tapi juga akan memperlancar produksi ASI Anda. Agar Anda bisa makan dengan lebih lahap dan nikmat, makanlah ketika Si Kecil sedang asyik dengan dirinya sendiri, atau ketika ia sedang tidur. Dan pastikan makanan yang Anda konsumsi tetap berkualitas dan bergizi, karena akan memengaruhi kualitas ASI yang Anda berikan pada Si Kecil. Jika memasak terlalu menguras waktu Anda, jasa katering makanan mungkin bisa Anda coba, Moms.

3 Mandi Nikmat

Menikmati mandi air panas sambil berlama-lama berendam dan mendengarkan lagu adalah relaksasi dan me time terbaik. Mungkin dulu Anda bisa sering melakukan hal tersebut, tapi sekarang terasa sangat mewah untuk dilakukan. Meskipun sudah punya bayi, Anda tetap butuh me time, Moms. Cobalah luangkan waktu untuk sedikit memanjakan diri, walaupun tidak bisa rutin setiap hari. Anda bisa coba berendam air hangat dan memberikan pelayanan ekstra pada tubuh, paling tidak seminggu sekali. Agar Anda lebih bisa menikmati momen relaksasi tanpa lelah, manfaatkan jasa terapis salon atau spa yang bisa dipanggil ke rumah. Dijamin, Anda akan merasa lebih relaks dan segar setelahnya. Dan Anda pun akan lebih bersemangat menjalani ‘ritual’ mengurus Si Kecil.

4 Leluasa Bersosialisasi

Kalau dulu Anda bisa leluasa bertemu dan berkumpul dengan teman-teman, tentunya kini hal tersebut sudah sulit dilakukan. Tapi, meski sibuk dengan kehidupan baru, sesekali Anda tentu boleh meluangkan waktu untuk kembali melakukan hal tersebut. Jika merasa berat dan sulit untuk bepergian tanpa Si Kecil, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk ikut Anda bertemu dan berkumpul dengan teman-teman. Tapi, jika Anda masih ragu dan sulit untuk keluar rumah membawa Si Kecil, coba undang teman-teman ke rumah Anda dan berkumpul bersama. Jika semuanya masih sulit untuk dilakukan, manfaatkan teknologi untuk tetap ‘bergaul’ bersama teman-teman melalui group chat atau media sosial, tanpa melupakan kewajiban Anda sebagai seorang Ibu.

5 Waktu Berdua Suami

Satu hal lagi yang akan terasa ‘mewah’ untuk dilakukan sejak kehadiran Si Kecil, adalah waktu berdua suami! Rasanya kini sulit sekali untuk punya waktu berkualitas berdua suami. Nonton di bioskop, makan siang atau makan malam berdua, atau sekadar jalan-jalan berdua, sudah tidak mudah untuk dilakukan. Biasanya, Anda merasa kasihan dan tidak tega meninggalkan Si Kecil di rumah, walaupun dititipkan pada anggota keluarga yang bisa dipercaya dan diandalkan. Moms, sekali-sekali Anda harus tega meninggalkan Si Kecil di rumah dan menyempatkan diri pergi berdua suami, karena hal tersebut sangat baik untuk menjaga hubungan Anda dan suami tetap mesra. Jika tidak mungkin dilakukan setiap minggu, coba lakukan dua minggu sekali. Mulailah dari hal sederhana, seperti makan siang atau makan malam berdua di restoran yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga Anda tidak perlu khawatir meninggalkan Si Kecil terlalu lama. Berikutnya, Anda dan suami bisa coba pergi nonton di bioskop, yang memakan waktu cukup lama. Pilih bioskop yang tidak terlalu jauh dari rumah, sehingga Anda lebih tenang dan lebih bisa menikmati momen berdua suami.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.