Career Moms

Perah ASI di Kantor? Siapa Takut!

Mother & Baby (Indonesia) - - Contents -

Menyediakan ASIP bagi Si Kecil merupakan hal penting bagi Moms yang bekerja. Namun, memerah ASI saat di kantor tentu menjadi tantangan tersendiri. Agar Anda dapat memerah ASI di kantor dengan nyaman dan mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1 Siapkan segala peralatan memerah dengan baik.

Alat perah, botol susu, cooling bag, cooling pack merupakan perlengkapan perah ASI utama. Sebaiknya, sediakan juga bra dan pakaian ganti untuk mengantisipasi seandainya pakaian Anda basah terkena tumpahan ASI.

2 Beri tahu atasan dan rekan kerja tentang kebutuhan Anda untuk memerah ASI.

Dengan demikian, atasan dan rekan akan memahami kondisi Anda. Bahkan mungkin mereka akan menyediakan beberapa hal yang dapat membantu Anda agar dapat memerah dengan nyaman.

3 Buat jadwal yang tertib untuk memerah ASI.

Jangan tunggu hingga payudara terasa penuh, karena dapat meningkatkan risiko payudara bengkak dan mastitis. Moms dapat menyamakan jadwal memerah ASI dengan jadwal menyusu Si Kecil. Berdasarkan jadwal ini, Moms dapat memerah 2-3 kali setiap 3-4 jam.

4 Cari atau minta tempat khusus selain kamar mandi.

Konsultasikan hal ini dengan atasan Anda atau pihak yang berwenang di kantor Anda. Mereka dapat merekomendasikan atau menyediakan tempat khusus bagi Anda. Bila Anda bekerja di bilik dan tidak ingin memerah di tempat lain, Moms dapat menggunakan apron menyusui atau tutup bilik Anda dengan menempel tirai tambahan. Bila Anda bekerja di ruangan sendiri, maka beri tanda “Jangan diganggu” atau “Sedang menyusui” untuk menghindari halhal yang tidak terduga.

5 Simpan ASIP Anda dengan tepat.

Simpan ASIP di kulkas bila tersedia di kantor Anda. Bila tidak tersedia kulkas, simpan ASIP di cooler bag yang dilengkapi cooling pack. ASIP yang tidak disimpan dengan baik dapat merusak kandungan dan manfaatnya. Bahkan dapat menjadi racun bagi Si Kecil jika diminum.

6 Bekali diri Anda dengan kemampuan memerah ASI menggunakan tangan.

Jadi, ketika Anda lupa membawa alat perah ataupun alat perah sedang rusak, Anda tetap dapat memerah ASI secara manual. Caranya, pijat payudara dengan tangan yang sudah bersih. Pijat payudara dengan gerakan memeras. Sedikit menggoncangkan payudara sambil tubuh menyorong ke depan juga dapat memudahkan ASI untuk mengalir.

7 Terakhir dan terpenting, jangan stres, Moms!

Stres hanya akan menghambat produksi ASI. Matikan notifikasi handphone, lupakan tenggat waktu pekerjaan sejenak, dengarkan lagu kesukaan Anda, tonton video tingkah lucu Si Kecil, dan nikmati waktu memerah Anda sebaik mungkin. Hal ini dapat memperlancar ASI Anda.

Boost your career with www. motherandbaby. co.id

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.