SARAPAN KUNCI KEKUATAN OTAK

Nadia Mulya

Nakita - - HALAMAN DEPAN - Oleh: Irfan Hasuki

Model cantik ini menerapkan kebiasaan makan pagi bersama di hari Minggu dengan "No Gadget"

Lama tak memiliki bayi, Nadia Mulya (36) mengaku perlu belajar lagi membuat MPASI (Makanan Pendamping ASI) ketika Delmar Bevandi Mulya Mudijana (7 bulan), buah hatinya yang paling kecil, siap diberikan MPASI. Terakhir, mama tiga anak ini membuat MPASI saat anak keduanya, Nuala Andhara Mulya Mudijana (7), masih bayi. Sementara si sulung, Nadine Andjani Mulya Mudijana kini sudah 10 tahun. Jadilah Nadia kembali membuka-buka buku menu untuk mempelajari lagi cara membuat dan menyiapkan MPASI.

“Membuat makanan untuk anak sebenarnya mudah. Yang penting ada karbohidrat, protein, vitamin, dan cairan,” terang penulis buku Foodie & The City ini. Karbohidrat diwakilkan dari nasi; protein dari lauk, seperti: daging ayam atau daging sapi; sementara vitamin dari sayuran dan buah. Semua bahan itu dipotong kecil-kecil atau dihaluskan, lalu dicampur jadi satu dan dimasukkan ke oven. Campurannya bisa antara labu dan wortel, kentang dengan bayam, atau ditambah daging ayam. Untuk kaldunya, Nadia biasa menggunakan kaldu ayam, sapi, atau domba yang ia stok di dalam freezer.

Sebaiknya, saran presenter infotainment “Insert” ini, pilihlah sayuran organik dan cuci menggunakan air mengalir tanpa sabun sehingga bebas dari pestisida, lalu buatlah sendiri makanan untuk anak-anak. Hindari makanan instan, kecuali saat kepepet. “Misalnya, saya pernah pergi bawa Delmar, agak repot kalau membuat makanan sendiri, jadi pakai bubur instan,” ujar lulusan S2 University of Reading, England jurusan International Management ini. Demikian juga buat anak-anaknya yang lain, Nadia memasak sendiri. “Anak-anak suka sekali dengan makanan buatan saya. Nadine suka sekali Pasta Aglio Olio Tuna ekstra pedas, Nuala senang yang manis manis seperti french toast,” terang runner up 1 pemilihan Puteri Indonesia 2004 ini.

Biasanya Nadia dan keluarga makan bersama di meja makan setiap Minggu pagi. “Saya yang masak dan anak anak-anak biasanya ikut membantu menyiapkan makanan di meja makan,” jelas istri dari Dastin Mirjaya Mudijana (43) ini. Kumpul di meja makan, menurut Nadia, banyak sekali manfaatnya. Ia bisa membicarakan banyak hal, dari menanyakan kabar, aktivitas yang sudah dilakukan, merencanakan liburan, tentang sekolah, dan lainnya. “Di sini saya pun menciptakan bonding dengan mereka supaya hubungan semakin lekat,” ujar Nadia. Nah, agar komunikasi di antara mereka sukses, Nadia pun melarang anak-anak membawa gadget ke meja makan. Asyiknya!

l Cover: Nadia dan Delmar l Fotografer: Ferdiansyah (0877-7588-1326) l Koordinator: Iloet (0818-510-126) @fairus_iloet l Make Up & Hairdo by Amaranthine Cosmetiques. Website: www.amaranthine.co.id IG:@ amaranthineindonesia FB: Amaranthinecosmetics l Make Up Artist: Dhidy (0812-9399-1804) IG: @dhidyamaranthine l Baju Mom & Kid: Soure_id Website: www.soure-id.com Line: @soure_id WA: 0817-0809-686 l Fashion Stylist: @fairus_iloet

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.