SUDAH TERAPI, BELUM ADA PERKEMBANGAN

Nakita - - AKU & SI KECIL - Dra. Mayke S. Tedjasaputra, MSI. Play Therapist & Psikolog

Salam hormat Ibu Mayke. Anak lelaki saya (2,7) belum lancar bicara. Sudah sebulan menjalani terapi wicara dan sensori integrasi di salah satu rumah sakit di Jakarta, tetapi belum ada perkembangan yang mencolok. Berapa lama terapi semacam itu berlangsung? Benarkah anak laki-laki lebih lambat perkembangan bicaranya dibandingkan anak perempuan? Apa yang perlu saya lakukan agar anak saya bisa lancar bicara? Mohon jawaban Ibu Mayke. Terima kasih.

Magda Hutasoit, Jakarta Salam kenal Ibu Magda, sebenarnya perlu diinformasikan, terapi bicara dan sensori integrasi dilakukan atas saran siapa. Dokter spesialis saraf anak, psikiater anak, psikolog anak atau siapa? Biasanya ketika anak usia dini diminta mengikuti kedua macam terapi ini, berarti ada “sesuatu” dalam perkembangan sensori anak. Selain itu, tidak ada data, berapa kali seminggu anak harus menjalani terapi, biasanya cukup ketat jadwalnya. Dengan demikian, kalau Ibu menyatakan bahwa belum ada kemajuan setelah mengikuti terapi selama satu bulan, maka agak sulit menilai apakah terapinya efektif ataukah tidak. Di rumah pun orangtua hendaknya melatih anak sesuai anjuran terapis. Ibu bisa menanyakan apa yang perlu dilakukan di rumah guna membantu perkembangan anak.

Berapa lama terapi harus dilakukan? Hal ini sangat bergantung pada seberapa kompleks masalah integrasi sensori yang dialami anak, kerajinan orangtua untuk memberikan latihan di rumah, kehandalan terapisnya, kerja sama dari anak; sebab ada anak yang kooperatif dan ada yang sangat sulit dibujuk. Mengenai perkembangan bicara pada anak laki-laki lebih lambat dibandingkan anak perempuan, tidak selalu benar sebab ada anak perempuan yang perkembangan bicaranya lebih lambat.

Mengingat keterbatasan data yang Ibu berikan, sebaiknya Ibu berkonsultasi kembali dengan spesialis yang menyarankan terapi dan tanyakan apa diagnosis yang diberikan oleh ahli tersebut. Sejauh yang saya ketahui, terapi membutuhkan waktu cukup lama, setidaknya 6 bulan, namun bergantung pada beberapa kondisi yang sudah saya cantumkan di atas. Semoga Ibu tidak berputus asa dan tetap melaksanakan apa yang disarankan oleh ahli. Kirimkan pertanyaan mengenai psikologi/ pendidikan anak ke: Alamat kantor atau e-mail Redaksi nakita. Sertakan nama, tanggal lahir, alamat, telepon, Twitter, dan FB. Tulis “TJ Psikologi” di kiri atas amplop atau di subjek e-mail.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.