Asyiknya JADI MAMIL

Kehamilan mendatangkan perubahan. Nah, salah satu perubahan yang menyenangkan adalah menjadi perempuan yang diistimewakan. Tak percaya? Buktikan saja!

Nakita - - KEHAMILAN & PERSALINAN - Oleh: Ayunda Pininta Kasih

Psikolog keluarga, Roby Susanto, sepakat, mamil umumnya akan mendapatkan perlakuan istimewa dari lingkungannya. Mengapa? Sebab, ada perubahan fisik, mental, hingga emosional yang dialami oleh mamil, sehingga mamil perlu mendapatkan perhatian khusus demi kesehatan diri dan bayi yang ada dalam kandungan. Nah, apa saja keistimewaan tersebut? Setidaknya ada tiga keistimewaan besar yang akan diperoleh Mama selama kehamilannya. HAK PRIORITAS DI TRANSPORTASI DAN SARANA PUBLIK Mama tak perlu risau saat harus pergi menggunakan transportasi publik. Beberapa transportasi publik, seperti Transjakarta dan kereta komuter telah menyediakan kursi prioritas bagi ibu hamil, lansia, serta penyandang cacat. Kursi tersebut biasanya terletak pada ujung kiri-kanan koridor dan terpasang stiker di bagian kaca jendela untuk menandakan bahwa kursi tersebut memang diutamakan bagi yang berhak. Begitu juga di sarana publik seperti beberapa samsat yang telah menghadirkan loket khusus bagi ibu hamil dan lansia saat Mama ingin membayar pajak kendaraan atau mengurus surat-surat berkendara. Sekalipun tak tersedia kursi prioritas, umumnya akan ada saja pengunjung yang ber- baik hati memberikan tempat duduknya untuk mamil. Jadi, jangan khawatir, Ma.

Bila tak mendapatkan kursi prioritas, apa yang perlu Mama lakukan?

Memang, walau kursi prioritas ditujukan bagi mamil, lansia, dan penyandang cacat, tak jarang kursi tersebut juga diperebutkan oleh penumpang lain yang tidak termasuk dalam kategori prioritas. Mama bisa meminta tolong kepada penumpang tersebut untuk memberikan kursinya kepada Mama atau minta tolong petugas bila Mama sulit mendapatkan kursi.

Berikan kursi untuk mamil, ini alasannya!

Secara medis, seperti dipaparkan Fahmialdi, Dokter Spesialis Obgin, mamil memang berhak mendapatkan tempat duduk di transportasi umum. Bila mamil terlalu lama dalam posisi berdiri bisa membuat aliran darah balik menuju jantung menjadi terganggu, termasuk aliran darah menuju janin. Saat aliran darah ke janin berkurang, maka asupan oksigen dan gizi untuk janin ikut berkurang. Tekanan pada perut akibat berdiri di kendaraan yang penuh sesak juga berpotensi memberi tekanan lebih pada perut mamil yang dapat memicu kontraksi. DIMANJAKAN OLEH PAPA HINGGA MERTUA Tak hanya Mama yang bahagia menyambut kehamilan. Papa, orangtua, dan juga mertua merasakan kebahagiaan yang sama karena akan hadirnya calon anggota keluarga baru. Tak heran bila Papa menjadi lebih perhatian untuk memenuhi kebutuhan Mama demi kebaikan Mama dan si kecil di kandungan. Apalagi bila kehamilan ini merupakan anak pertama sekaligus cucu pertama, biasanya orangtua, termasuk mertua, juga akan memberi perhatian lebih kepada Mama. Alasan orangtua atau mertua sangat antusias menyambut cucu pertama, umumnya dikarenakan “kerinduan” untuk momong bayi, seperti yang mereka lakukan kepada Mama dan Papa pada puluhan tahun lalu.

Merasa Papa cuek? Coba lakukan ini, Ma!

Meski terlihat cuek, belum tentu Papa tidak peduli kepada Mama, lo. Mungkin saja Papa memang bukan tipe “spontan” dalam memberikan perhatian, sehingga Mama perlu mengutarakan apa yang Mama butuhkan. Mengutarakan kebahagiaan, kebutuhan, dan kekhawatiran Mama kepada Papa dapat membuat hubungan Mama dan Papa menjadi semakin erat dalam menyambut si kecil. Dengan demikian, Mama tak merasa sendiri, begitu juga dengan Papa. Perlu Mama ingat, tak hanya Mama yang alami banyak perubahan perasaan, sebagai calon ayah, termasuk Papa, juga memiliki kekhawatiran sendiri dan membutuhkan teman berbagi.

Mama manja? Apa yang perlu Papa lakukan?

Nah, mungkin banyak para papa yang bertanya, “Kok, istriku jadi manja, ya, selama hamil? Wajar enggak, sih?” Menurut Roby, sangat wajar, lo, Pa! Secara medis, kondisi ini sebenarnya dapat dibuktikan. Ada perubahan hormon, semisal, meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan, yang secara langsung memengaruhi perasaan mamil. Bila mamil menjadi lebih mudah marah, itu merupakan insting untuk melindungi bayinya, Pa. Bila mamil menjadi lebih manja, tandanya ia memang butuh dukungan untuk menghadapi perubahan fisik, mental, dan emosional selama kehamilan. Jadi, selama dalam batas wajar, terima saja, ya, Pa, bila Mama banyak maunya, termasuk

ngidam makanan ini dan itu. Hanya 9 bulan, kok! Jadikan saja ini tantangan, apakah Papa bisa melaluinya.

lTOLERANSI DI TEMPAT KERJA Selain mendapatkan hak cuti melahirkan dan tunjangan biaya kelahiran sesuai dengan peraturan perusahaan, selama hamil, Mama juga cenderung lebih mudah mendapatkan keringanan tugas hingga bantuan dari rekan kerja saat kondisi kesehatan Mama menurun. Walau begitu, Mama perlu menanggapi toleransi ini dengan bijak dan tidak berpikir bahwa pekerjaan menjadi lebih santai selama hamil. Sertakan surat dokter lebih baik.

Umumnya, di trimester pertama, sebagian mamil akan mengalami mual-muntah yang tentunya dapat mengganggu aktivitas di tempat kerja. Bila memang Mama membutuhkan istirahat total, Mama bisa berdiskusi dengan atasan untuk mendapatkan izin istirahat atau mengerjakan tugas kantor di rumah. Tentunya disertai dengan surat rekomendasi dari dokter obgin, ya, Ma. Dengan begitu, pekerjaan kantor tetap terselesaikan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Jangan sampai, Mama merasa bahagia dengan kehamilan, tetapi tidak begitu dengan pihak kantor. Terima kasih untuk setiap bantuan.

Apa pun jenis bantuan yang Mama dapat, seperti mendapatkan bantuan saat harus melakukan aktivitas fisik di kantor, mendapatkan izin dari atasan untuk istirahat di rumah, ataupun mendapatkan tempat duduk di transportasi umum, baiknya Mama selalu ingat untuk mengucapkan terima kasih. Dengan menghargai satu kemudahan, diharapkan ke depannya Mama akan lebih banyak mendapat kemudahan selama menjadi mamil. Nah, selamat menikmati asyiknya menjadi mamil, Ma.

Adanya perubahan fisik, mental, dan emosional yang dialami mamil, membuatnya berhak mendapatkan perlakuan istimewa demi kesehatan si mamil sendiri dan janinnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.