Apa Saja Penyakit Yang Ada Di Sekolah?

Nakita - - KESEHATAN -

Di sekolah rentan sekali terjadi penularan penyakit. Berikut ini aneka penyakit yang banyak terdapat di sekolah:

# PENYAKIT YANG DITULARKAN MELALUI UDARA (AIRBORNE DISEASES)

Mayoritas penyebabnya adalah infeksi virus, seperti, batuk, pilek, cacar air, campak, campak jerman (rubela), penyakit kaki tangan dan mulut (HFMD/HAND Foot and Mouth Disease), dan lain lain. Karenanya, jika anak sakit, apa pun sakitnya, alangkah bijaknya untuk sementara tidak sekolah agar tidak menularkan penyakitnya kepada teman-temannya di sekolah.

Penting diperhatikan, bila didapatkan beberapa anak menderita kaki tangan dan mulut di suatu sekolah, baiknya sekolah melakukan general cleaning kelas dimana peserta didiknya banyak yang sakit. Masker wajah bisa digunakan bila anak sedang tidak enak badan atau ketika banyak temannya di sekolah yang sakit. Penggunaan masker wajah bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit.

# PENYAKIT YANG DITULARKAN MELALUI MAKANAN ATAU MINUMAN

Makanan atau minuman yang dimaksud adalah makanan minuman terkontaminasi bakteri penyebab diare serta masalah keracunan makanan. Untuk mencegahnya, selalu budayakan kebiasaan cuci tangan. Selain itu, bekali si kecil untuk mengetahui makanan sehat, sehingga ia bisa selektif memilih makanan jajanan yang sehat.

# PENYAKIT YANG DITULARKAN MELALUI KONTAK FISIK

Penyakit jenis ini banyak ditemui di sekolah, semisal, penyakit cacing kremi (pin worms), molluscum contangiosum (infeksi kulit karena virus ditandai dengan menyembulnya bintik seukuran biji kacang hijau pada permukaan kulit; bintik ini biasanya terasa agak keras), dan skabies (gudik/kudis).

Penting diperhatikan, bila ada peserta didik yang terkena infeksi cacing kremi, sebaiknya seluruh peserta didik di kelas yang sama mengonsumsi obat cacing guna memutus rantai penularan. Jangan khawatir, pemberian obat cacing tidak berbahaya, meskipun si kecil tidak terinfeksi cacing kremi.

Untuk penyakit lainnya, seperti molluscum contangiosum dan skabies, cara pencegahannya dengan menjaga daya tahan tubuh tetap baik dan tidak terpapar benda kotor, termasuk air kotor. Lagi-lagi, budaya hidup bersih dengan rajin mencuci tangan penting sekali bagi anak.

# PENYAKIT YANG DAPAT DITULARKAN MELALUI vektor Nyamuk.

Kondisi ini banyak dijumpai di sekolah-sekolah di Indonesia, apalagi sekolah yang tidak bersih, rungannya pengap dan gelap, kurang sirkulasi udara dan cahaya, serta banyak genangan air di mana-mana. Kondisi sekolah seperti ini merupakan tempat yang disukai oleh nyamuk dengue, chikungunya, Japanese encephalitis B, hingga zika. Untuk menghindarinya, selain pihak sekolah harus peduli dan care, terpenting lagi adalah daya tahan tubuh anak harus baik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.