KEGUGURAN AKIBAT DARAH KENTAL

Nakita - - Aku & Kehamilan -

Halo Dokter Judi. Saya (25) tepat setahun lalu mengalami keguguran saat janin berusia 16 minggu. Diduga akibat kelelahan dan mengalami darah kental. Setelahnya saya mengurangi aktivitas dan diberi obat pengencer darah. Namun sampai sekarang saya belum juga hamil. Kira-kira faktor apa yang memengaruhi dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih atas jawaban Dokter Judi.

HAMBARDINI – SOLO

Kehamilan hanya akan terjadi bila kondisi istri dan suami sehat, sel telur (folikel) dan spermatozoa normal, sanggama pada masa subur atau menjelang masa subur, dan kondisi organ kandungan ibu normal. Apa penyebab kegagalan kehamilan yang lalu? Pada kehamilan 16 minggu, apakah dijumpai cacat bawaan? Berapat berat janin? Apakah meninggal di dalam rahim? Apakah ada kelainan pada mulut rahim? Pertanyaan ini harus terjawab dulu saat Ibu berkonsultasi dengan dokter yang mendalami gangguan kesuburan di RS Moewardi, Solo untuk dilakukan pemeriksaan dasar dan lanjutan dari gangguan kesuburan.

Pemeriksaan pada Ibu jauh lebih rumit dan banyak, misalnya, pemeriksaan fisik umum, apakah ada cairan yang keluar dari puting susu? Apakah ada kelainan organ kandungan? Apakah ada infeksi? Apakah ada gangguan hormon reproduksi dan apakah saluran telur ibu baik?

Sebaiknya Ibu ke dokter kandungan saat haid agar dapat dilakukan perencanaan pemeriksaan. Misal, uji patensi saluran telur dilakukan 3—4 hari setelah haid bersih atau analisis hormon kesuburan pada hari ke-3—5 dan hari ke-21. Periksa dalam untuk melihat dan mencari apakah ada infeksi vagina, Pap smear untuk menilai mulut rahim, serta pemeriksaan USG untuk menilai organ kandungan bagian dalam, termasuk apakah ada sel telur atau tidak dan apakah pertumbuhan endometrium (selaput lendir rahim) sesuai fase siklus haid? Juga untuk menilai bentuk dan panjang rahim. Pada inkompetensi serviks (mulut rahim abnormal sehingga tidak mampu menahan kehamilan) terdapat kelainan berupa serviks yang pendek (≤ 25 mm) dan mulut rahim bagian atas (OUI) terbuka. Inkompetensi serviks dapat diperiksa dengan USG transvaginal. Jangan lupa menjaga kesehatan dengan olahraga teratur, cukup istirahat, hindari rokok dan narkotik, hindari junk-food, serta banyak bersedekah dan berdoa agar diberi kembali kehamilan yang normal dan sehat. Terima kasih atas pertanyaannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.