“PROGRAM FARMER2FARMER” TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETERNAK SAPI PERAH LOKAL INDONESIA

Nakita - - Info - (Sp/foto.dok)

Berdasarkan data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian pada Desember 2016, akan terus terjadi peningkatan konsumsi susu di Indonesia hingga mencapai 4,1% setiap tahunnya selama 2017 hingga 2020. Sementara, peningkatan produksi susu lokal diperkirakan hanya mencapai 3% tiap tahunnya, yang berarti akan terjadi kekurangan suplai susu jika tak ada program pendukung di sektor usaha sapi perah Indonesia.

“Fakta ini mendorong FFI untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya penyediaan suplai susu melalui program Farmer2farmer,” kata Direktur Operasional FFI Jan Wegenaar dalam acara “Ngariung Bersama Farmer2farmer 2017” yang diselenggarakan di Jakarta beberapa waktu lalu. Program Farmer2farmer yang diselenggarakan oleh PT Frisian Flag Indonesia (FFI) sejak 2013 ini, juga telah berhasil meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah lokal binaan, setelah para peternak ini menerapkan tata kelola dan tata laksana peternakan yang baik. Pendapatan yang diperoleh peternak binaan meningkat hingga 20% dalam kurun waktu satu tahun.

Karena itulah, FFI berkomitmen untuk terus melanjutkan program Farmer2farmer. Sebagai apresiasi bagi peternak yang menjalankan tata kelola dan tata laksana peternakan yang baik secara konsisten, FFI memberikan dukungan fasilitas kepada tiga peternak terpilih. Dukungan fasilitas tersebut diserahkan oleh tiga peternak Belanda yang telah membantu program Farmer2farmer selama lima tahun terakhir ini. Ketua Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi juga mengapresiasi keberlangsungan Program Farmer2farmer.

Program Farmer2farmer diselenggarakan melalui kerja sama antara Frieslandcampina dan FFI, serta mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Belanda melalui kerja sama pemerintah-swasta dari Kementerian Luar Negeri Belanda yang disebut FDOV (Faciliteit Duurzam Ondernemen en Voedselzekerheid) atau Fasilitas Kewirausahaan Berkelanjutan dan Keamanan Pangan yang dimulai di Indonesia pada 2013. Melalui FDOV, FFI bersama dengan para mitra (Wageningen University, The Friesian, Agriterra, Koperasi Lembang & Pangalengan) mengambil kesempatan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan di tingkat peternakan secara berkelanjutan. Implementasi dari Program Farmer2farmer ini diharapkan dapat menjadi solusi tantangan ekonomi peternak sapi perah lokal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.