ANANDITA

Olahraga bukan hal baru bagi presenter olahraga, sekaligus pelaku olahraga ini. Baginya olahraga adalah kehidupannya. Karenanya semasa hamil sekalipun dirinya masih tetap melakukan olahraga.

Nakita - - HALAMAN DEPAN - Oleh: Gazali Solahuddin

"Tetap olahraga saat hamil membuat saya fit, segar, semangat, juga energik."

Artis dengan nama lengkap Ratu Dewi Anandita

Fatma Sentika (32) ini adalah penggemar olahraga sejati. “Sudah banyak olahraga yang saya lakukan, di antaranya berenang, bersepada, dan lari.” Jangan heran pula, bila istri dari Mario Irwinsyah (34) ini sempat mengikuti lomba triathlon, sebuah lomba berenang, berlari, dan bersepeda, yang dilakukan berkesinambungan.

Bahkan saat hamil usia 35 minggu sekarang ini, mama dari Jada Shafiqa (8) ini tidak dapat meninggalkan aktvitas berolahraganya tersebut, hanya tentu ia memilih olahraga yang cocok untuk mama hamil. Menurut Dita, sapaan akrabnya, olahraga yang pas untuk mama hamil sebenarnya olahraga yang biasa dilakukan oleh masing-masing mama. “Jika kita sebelumnya suka olahraga, sebenarnya tidak banyak pantangan olahraga. Banyak, lo, sekarang ibu hamil yang olahraganya berlari. Coba deh cek di Instagram,” papar Dita.

Namun secara umum olahraga yang aman untuk mama hamil adalah senam hamil dan yoga. Dita mengingatkan bagi mama yang tidak biasa berolahraga, sebelum melakukan olahraga saat hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Jangan lupa, beberapa jenis olahraga menuntut gerakan-gerakan yang dapat mengundang cedera bagi yang tidak biasa melakukannya. “Sebaiknya saat olahraga, mama hamil juga didampingi instruktur berpengalaman dan terlatih,” sarannya.

Dita percaya, olahraga yang pas, bila rutin dilakukan akan banyak mendatangkan manfaat. Di antaranya, mempercepat kepala bayi masuk ke panggul, terutama untuk mama hamil yang sudah masuk trimester tiga. Olahraga teratur juga akan melatih elastisitas otot paha dalam, melatih napas, khususnya cara bernapas dan mengolah napas. “Dengan olahraga rutin selama kehamilan, mama akan lebih fit, metabolisme lancar, dan akan selalu merasa segar, semangat, juga energik,” jelasnya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah persiapan sebelum olahraga. “Pilih pakaian yang elastis, menyerap keringat, dan nyaman. Perlengkapan juga harus sesuai. Misal, untuk yoga pilihlah matras khusus untuk yoga. Tak boleh dilupakan, sebelum mulai olahraga lakukan pemanasan terlebih dahulu,” ujar Dita. Dita pun mengajak mama

nakita yang sedang hamil mengikuti gerakan-gerakan yoga yang dicontohkannya berikut ini. “Manfaat yoga ini bagi mama hamil adalah membuat otot paha dalam elastis, keseimbangan badan menjadi lebih baik, napas menjadi lebih teratur, dan bisa menguatkan otot panggul,” tutupnya.

Catatan: untuk yang belum biasa melakukan yoga, latihan ini sebaiknya didampingi instruktur berpengalaman dan terlatih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.