RAMBUT SUDAH TUMBUH SEJAK DALAM KANDUNGAN

Nakita - - Dunia Bayi - (Ipoel)

Sebenarnya rambut bayi sudah tumbuh sejak di dalam kandungan alias di dalam rahim. Ketika janin berusia 8 minggu, awal terbentuknya selubung akar rambut atau folikel. Lalu, bakal rambut ini terus berkembang hingga janin berusia 5-6 bulan. Rambut yang tumbuh sejak dalam rahim ini tampak halus, tipis dan lembut.

Nah, rambut janin ini rupanya tak hanya tumbuh di bagian kepala. Akan tetapi juga di bagian tubuh yang lain juga. Inilah yang disebut dengan rambut lanugo. Rambut halus ini rontok pada usia kehamilan 36-40 minggu. Meski ada juga yang akhirnya terbawa sampai bayi lahir. Selanjutnya rambut ini akan rontok sekitar usia 5 minggu. Pada bayi yang lahir prematur, kebanyakan lanugonya masih tampak banyak, terutama pada bagian punggung, bahu, lengan, dan telinga.

Kemudian, setelah lahir, umumnya rambut bayi sangat tipis dengan kepala cenderung plontos. Setiap helai rambut begitu halus. Di sisi lain, ada juga bayi yang terlahir dengan rambut yang sudah lebat meski juga tipis dengan panjang sekitar 1-2 sentimeter. Diperkirakan pertumbuhan rambut sekitar seperempat inci per bulan. Adapun rambut pertama yang halus dan tipis ini disebut velus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.