CEK APAKAH SI KECIL MENDERITA 3 PENYAKIT

YANG KERAP MENYERANG ANAK INDONESIA INI!

Nakita - - Beranda -

Indonesia masih menduduki ranking tinggi dalam jumlah penderita ketiga penyakit ini. Apa sajakah penyakit-penyakit tersebut?

AKB (Anemia Kekurangan Zat Besi), tuberkulosis, dan cacingan adalah ketiga penyakit yang dimaksud. Untuk cacingan, data dari Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan tahun 2015 menunjukkan rata-rata prevalensi cacingan di Indonesia mencapai 28,12%. Angka ini dianggap kurang menggambarkan kondisi sebenarnya, karena di banyak daerah tingkat prevalensi cacingan berada di atas 50%. Padahal, banyak yang masih menganggap cacingan sebagai penyakit masa lalu. Bahkan anak-anak kota yang dianggap “aman” dari cacingan, sebenarnya dapat dengan mudah tertular penyakit ini.

Untuk Anemia Kekurangan Zat Besi, hampir separuh anak Indonesia diduga menderitanya (berdasarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2007). Jangan-jangan si kecil juga? Gejala utama anemia adalah “pucat”. Kondisi pucat biasanya bisa dilihat pada kelopak mata, bibir, telapak tangan dan dasar kuku. Selain pucat, anemia bisa menyebabkan gejala lesu, mudah lelah, sering mengantuk, pusing, atau sulit berkonsentrasi untuk belajar. Anak yang anemia juga cenderung memiliki denyut nadi yang lebih cepat dibanding anak normal.

Sementara Laporan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) tahun 2016 menyebutkan untuk penyakit tuberkulosis, Indonesia merupakan negara terbanyak nomor dua setelah India. Padahal penyakit ini merupakan penyakit yang sudah lama ada dan tersedia obatnya, namun masih menjadi masalah besar di Indonesia.

Pembahasan tentang AKB, TB, dan cacingan dalam rubrik Beranda kali ini, semoga dapat menjadi informasi berharga bagi Mama Papa! Mungkin awalnya kita agak mengabaikan penyakit-penyakit ini, tapi sekarang yuk, tak ada salahnya untuk mengecek kondisi kesehatan buah hati!

Selamat membaca.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.