TEMAN CURHAT PARA ARTIS BERMASALAH

Tak sedikit artis yang diundang di acara Hitam Putih ter pojok dengan pertanyaan pertanyaan host-nya, Deddy Corbuzier. Kendati demikian, banyak pula para selebriti yang akhirnya malah percaya dan terbuka pada Deddy soal masalah pribadinya. Nagita Slavina

Nova - - Selebritis - TUMPAK SIDABUTAR, FOTO: YOUTUBE TRANS 7

Belum lama ini Nagita menangis saat menjadi bintang tamu di acara yang dipandu oleh Deddy. Saat itu Deddy bertanya cara menjelaskan kepada putra semata wayangnya jika besar nanti tentang berita negatif rumah tangga papa-mamanya. Dengan terbata-bata menahan tangis, Nagita berujar, “Apa pun yang terjadi nanti, Rafatar harus tahu bahwa papa dan mama sayang Rafatar,” ucap Nagita terisak, menyebut nama putranya.

Nyatanya bukan hanya Nagita yang akhirnya mau sedikit terbuka soal masalah pribadi kepada Deddy. Sebelumnya, Mulan Jameela juga mempercayakan Deddy untuk mewawancarainya soal hubungannya dengan Maia Estianty. Deddy juga berhasil meyakinkan Kiswinar untuk blak-blakan berbicara soal Mario Teguh, ayah kandungnya.

Bebas Bertanya Apa Saja

Menurut Deddy, selama bintang tamu berada di panggung, ia akan mengulik pengalaman bintang tamunya dengan pertanyaan yang kritis dan spontan. “Dalam hal ini saya mencoba untuk melihat momen. Saya berusaha untuk melihat gerak-gerik bintang tamu ketika saya masuk ke pertanyaan lebih dalam. Ketika dia reject, saya mundur. Dan karena mereka tidak kenal dengan saya, mereka tidak merasa curhat dengan teman. Tetapi curhat dengan orang yang lain yang memang peduli dengan dirinya. Jadi bukannya dekat, melainkan peduli dengan mereka,” ujar Deddy yang menjadi host Hitam Putih sejak 8 tahun silam ini.

Agar keinginan untuk menggali pengalaman bintang tamu tercapai, Deddy punya trik khusus yang berbeda dengan yang biasanya host lain terapkan. Jika host yang lain menjalin kedekatan dulu agar mudah bertanya saat di panggung, Deddy justru melakukan sebaliknya. Ia mengatakan, bintang tamu tersebut hanya ditemuinya saat berada di atas panggung.

“Saya tidak pernah bertemu dengan bintang tamu sebelum dan sesudah acara Hitam Putih. Untuk apa? Karena kalau sudah ngobrol, saya enggak bisa lagi nanya macammacam dengan mereka. Saya pun enggak mau menjalin kedekatan dengan mereka. Artinya saya jauhi mereka sehingga mau tanya apa sabahas ja, terserah saya,” ujar Deddy soal triknya

Deddy memisalkan saat bertemu dengan pedangdut Cita Citata di panggung. “Saya bisa bebas bertanya padanya karena tidak menjalin kedekatan dahulu,” jelas Deddy yang merasa keberhasilannya mengorek cerita terpendam dari para bintang tamu bukan suatu hal yang fenomenal.

Hanya Artis Tertentu

Sebagai host, Deddy memiliki andil besar dalam menentukan calon bintang tamu. Peran itu sudah dimulai sejak pemilihan calon bintang tamu. Bintang tamu yang diundang ke Hitam Putih harus memiliki nilai manfaat yang akan menginspirasi penonton.

“Misalnya, anak tukang becak, tetapi lulus S2, atau penjual donat di jalanan untuk mengumpulkan uang biaya sekolah, atau ibu pedagang mi instan selama 30 tahun,” urai ayah dari Azkanio Nikola Corbuzier ini.

Kalaupun Hitam Putih sesekali mengundang artis pun, itu harus ada sesuatu yang di- dan dibagikan kepada penonton. Begitu juga kalau mengundang pelawak pun, maka yang dibahas adalah sisi yang berbeda. Kalau mengundang pedangdut, akan membahas pedangdut dari sisi yang berbeda.

“Atas dasar itu banyak artis yang tidak akan jadi tamu di Hitam Putih kalau mereka hanya sekadar pemain sinetron, atau penyanyi. Makanya bintang tamu Hitam Putih yang artis paling sekali dalam seminggu. Kalaupun ada pasti karena ada sesuatu yang dibahas tentang dia,” ujar Deddy sambil memisalkan Mulan Jameela, Nagita Slavina, dan Cita Citata.

Hanya sesekali mengundang artis, namun tidak jarang membuat panggung Hitam Putih menjadi tempat bercucuran air mata. Sebut saja ketika membahas pertunangan Zaskia Gotik dengan Vicky Prasetyo. “Nagita Slavina juga heboh, tuh. Di situ saya ‘kecemplung’ aja, sampai ada penonton yang serang saya. Padahal tugas saya hanya untuk menanyakan tentang kehidupan dia. Pertanyaan saya membuat mereka memilih untuk menjawab.“

Masalah dia menangis atau tidak, lanjut Deddy, merupakan pilihan dari jawaban. “Pertanyaan saya belum tentu mengenai masalah keluarga, lo. Tetapi karena masyarakat menganggap ia punya masalah di rumah tangganya, begitu dia menangis, disangkutkan ke arah

sana.” Lantas mengapa para artis bisa menangis di acaranya? “Karena mereka percaya pada saya sehingga mereka meluapkan emosinya,” tandas Deddy. Deddy menduga, seandainya yang mewawancarai Nagita teman sesama artis, mungkin ia tidak bakal menangis. “Yang ada mungkin akan saling marahan. Sebaliknya dengan saya yang belum pernah bertemu seperti ada zona yang dia tidak mengerti, tetapi bisa bertemu. Ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang,” ujar Deddy yang tak luput dari serangan para haters. Namun Deddy tak pernah ambil pusing soal ucapan haters tersebut. “Bagi saya haters itu orang bodoh. Cirinya sama, wajahnya enggak kelihatan, akunnya diblok, folowernya enggak ada. Buat saya mereka pengecut,” Tegas Deddy. Kalau mereka mau ngatain saya, katanya, “Mestinya wajahnya bisa saya lihat. Sebaliknya, kalau ngatain saya dan mukanya enggak keliatan, jangan-jangan itu ulah artisnya. Mereka menggunakan akun palsu atau orang bayaran seperti yang sudah menjadi rahasia umum,” pungkas Deddy.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.