BERBAGAI PERTIMBANGAN BAGI ANAK

Nova - - Anda & Anak - NOVE/DARI BERBAGAI SUMBER

Tidak ada cara ‘benar’ untuk memberi tahu anak tentang diagnosis mereka. Untuk penyakit yang berat, misalnya, kanker, jantung, leukemia, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Siapakah orang terbaik dalam keluarga untuk membantu menyampaikan? Jika anak merasa nyaman dengan kakek atau nenek, libatkan mereka.

Pilihlah momen dalam suasana hati yang tenang dan di tempat yang nyaman. Jangan sampai anak merasa cemas, stres atau berada dalam lingkungan yang kurang nyaman.

Bisa jadi anak senang karena sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dirinya. Namun, ada beberapa anak khawatir merasa ada yang salah dan akan memengaruhi kesehatan mereka.

Jika memiliki anak lain, ajak mereka bicara secara terpisah tentang diagnosis kakak atau adiknya. Penjelasan yang diberikan tergantung usia mereka.

Bagi Orang Tua

Mengatasi adalah proses yang berkelanjutan dan tidak ada cara yang benar atau salah. Anda akan mengalami berbagai pengalaman emosional, duka, penyangkalan, kemarahan, depresi, ketakutan. Semua ini normal dan alami bila dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan. Yakinlah Anda akan melewatinya meski butuh waktu.

Dukungan yang Anda terima dari keluarga dan teman sangat penting. Jangan takut untuk meminta bantuan. Menemukan orang yang mendengarkan dan bisa mengerti situasi keluarga sangat penting. Bisa jadi Anda bertemu dengan dengan seseorang yang telah mengalami pengalaman serupa dengan Anda.

Forum internet seperti blog atau grup pendukung online juga merupakan cara yang baik untuk mengetahui apa yang dialami orang lain.

Konseling atau terapi individual dapat membantu Anda mengatasi pengalaman emosional yang dialami. Beberapa klinik di rumah sakit memiliki akses terhadap layanan psikologis atau konseling sehingga penting bagi Anda untuk bertanya kepada dokter tentang dukungan yang tersedia.

Kembangkan hubungan dengan semua profesional yang terlibat dalam kehidupan anak Anda, misalnya, staf sekolah.

Penyakit kronis dapat menyebabkan tekanan finansial pada keluarga. Jadi, tanyakan tentang bantuan keuangan.

Anda harus berada dalam posisi terbaik sehingga dapat merawat anak. Meskipun ini mungkin terdengar egois, Anda harus menguatkan diri demi anak. Tak masalah jika Anda ingin sebentar meluangkan waktu dengan membaca.

Olahraga juga merupakan cara yang baik untuk mengatasi stres, meski sulit mencari waktunya. Atau sekadar berjalanjalan di sekitar rumah akan membantu tubuh Anda untuk rileks.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.