Janine Intansari MAKE-UP BUKAN BUAT BOHONG!

Nova - - Profil - FOTO: DOK. INSTAGRAM

Nama Janine Intansari saat ini dikenal sebagai seorang BEAUTY INFLUENCER dan vlogger kecantikan. Tak hanya itu, penampilannya yang cantik dan unik dengan rambut dan alis mata warna-warni pun selalu sukses mencuri perhatian.

Padahal, siapa yang mengira Janine awalnya remaja tomboy yang benci pulasan make up. Namun satu saat kebenciannya berubah jadi rasa cinta - saat dirinya harus dirias jadi pagar ayu di pernikahan salah seorang keluarganya. Melihat dirinya yang terlihat menawan dengan riasan make up, perlahan Janine mulai tertarik dan mencoba untuk mengenakan make up sederhana.

Sempat mengenal dunia cosplay karakter anime dan komik Jepang, membuat Janine sering tampil dengan rambut palsu. Hingga kemudian ia dapat pekerjaan di Jepang. Menghabiskan waktu di Negeri Sakura ternyata banyak mengubah pandangan hidupnya, terutama soal dunia kecantikan. Di sana, orang-orang berani tampil beda dan masyarakat pun menerima dan menghargai perbedaan itu.

“Akhirnya menjelang kepulanganku ke Indonesia, aku cat rambutku warna biru, dan alisku juga sekalian kuwarnai biru. Lima hari terakhir di sana, enggak ada yang ngelihatin aku, karena di sana orangnya nyentrik semua. Begitu di bandara, terpikir apakah nanti di Indonesia mau berhenti? Tapi aku tantang diriku untuk tetap tampil beda. Begitu sampai, jujur, itu banyak banget yang ngelihatin aku, seolah aku orang gila. Tapi kata pacarku, enggak usah dipikir,” ungkapnya.

Meskipun kelihatan cuek, Janine Intansari sempat merasa tak percaya diri. Pasalnya, ia sering dihujani komentar negatif dari para haters soal penampilannya itu. Namun berkat dukungan orang terdekat, Janine kembali bangkit dan kini sukses jadi seseorang yang cukup berpengaruh di dunia kecantikan.

Menurut Janine, tak ada orang yang dilahirkan dengan wajah dan fisik yang buruk. Yang ada hanyalah orang malas yang tak mau menunjukkan sisi terbaik dari dirinya sendiri.

“Bagiku, make up bukan untuk membohongi orang lain dengan menjadi orang yang berbeda. Tapi make up ada untuk menunjang penampilan dan mendorong rasa percaya diri kita dengan tampil menjadi diri kita yang lebih baik. Aku suka dengan fitur yang ada di wajah dan tubuhku, tapi dengan make up, aku bisa upgrade diriku dan jadi lebih baik lagi.”

Dengan make up, Janine percaya seseorang bisa terlihat jauh lebih menawan. Ia mencontohkan, menggunakan riasan make up bisa menutup jerawat atau membentuk wajah agar terlihat lebih ramping atau lebih tegas. Namun sebaliknya, make up juga bisa digunakan untuk mengubah tampilan wajah agar terlihat berbeda, misalnya seperti make up special effect dalam film. Sehingga ia sangat menyayangkan apabila di Indonesia masih banyak orang yang menilai make up sebagai hal yang negatif.

“Yang menjelek-jelekkan orang yang merias diri dengan make up itu kurasa adalah orang yang iri dan close-minded yang tidak memahami esensi dari make up, semua tergantung tujuan dan fungsinya,” tukasnya.

Menurutnya, di Indonesia sendiri masih banyak orang yang berpikiran sempit sehingga belum mampu menerima perbedaan yang ada dalam diri orang lain. Ketika seseorang terlihat berbeda dari orang-orang kebanyakan, ia malah akan mendapat hujatan.

“Aku pengin mengajak orang-orang Indonesia untuk menghargai keunikan mereka masing-masing. Jangan takut dilihat atau dinilai orang hanya karena kamu berbeda.”

Prinsip itulah yang akhirnya menggerakkan Janine jadi seorang beauty influencer. Perlahan tapi pasti, kini gayanya pun mulai banyak diikuti orang lain. Selain cukup sering jadi pembicara di berbagai acara kecantikan, Janine juga aktif di media sosial untuk menginspirasi orang lain lewat tutorial make up dan gaya rambut yang unik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.