Tips & Trik Menyimpan Barang

Jika rumah Anda ingin dipuji indah dan nyaman, perlakukan dulu para perabotan dengan baik dan benar. Caranya?

Nova - - Griya -

“Rumah merupakan tempat di mana kita memulai kegiatan. Oleh sebab itu, penting untuk menata barang-barang dengan baik dan rapi, agar membuat rumah jadi lebih nyaman untuk memulai hari yang lebih produktif dan menyenangkan,” jelas Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia.

Barang-barang yang berantakan, bahkan bertumpukan bisa bikin kita tak betah di rumah. Kesibukan keluarga dan kebiasaan membeli barang tak berguna, termasuk faktor utama rumah jadi berantakan.

Tapi, jangan selalu jadikan hal itu sebagai alasan, karena rumah seharusnya jadi tempat singgah terbaik bagi keluarga. Untuk itu, kita harus mulai menata kembali barang-barang tersebut dengan benar.

Jika kita bisa menyimpan barang dengan rapi, suasana rumah pun terasa hangat dan nyaman disinggahi. Selain itu, tampilan rumah akan terlihat lebih minimalis dan bersih, sehingga memberi efek rileks bagi kita dan keluarga.

Tapi harus diakui, memang tak mudah membenahi barang yang ada di rumah, dibutuhkan kerjasama antara anggota keluarga untuk menyimpan barang pada tempatnya.

Untuk itu, luangkan waktu di akhir pekan untuk membersihkan barang-barang di rumah. Belilah tempat penyimpanan dengan desain

chic dan elegan, agar tercipta suasana yang menyenangkan.

Untuk membantu, beberapa tips di bawah ini bisa kita praktekkan agar rumah jadi lebih nyaman.

1. Kategorikan Barang

Mulailah memilih barang yang kita miliki dari satu ruangan ke ruangan lain. Kemudian kategorikan barang-barang tersebut, yang akan disimpan dan yang sudah tak terpakai lagi. Lalu, barang yang hendak disimpan, dikategorikan lagi ke dalam barang yang sering dipakai dan jarang dipakai.

Pisahkan semua barang tersebut mulai dari pernak-pernik besar hingga kecil. Jika barang sudah tak digunakan lagi, kita bisa memberikannya pada orang yang membutuhkan atau menjualnya. Tentu jika masih punya nilai jual.

2. Letakkan di Tempat Terlihat

Kita pasti sering panik saat lupa meletakkan barang kebutuhan seharihari? Nah, untuk mengatasinya, lebih baik simpanlah barang tersebut di tempat penyimpanan yang mudah dilihat dan dijangkau.

Tandai tempat penyimpanan tersebut agar mudah diingat. Cobalah memilih tempat penyimpanan yang transparan, colorful, atau monokrom untuk mempermudah ingatan kita saat menyimpan barang.

3. Tempat Penyimpanan Tertutup

Jika dalam keluarga ada si kecil, biasanya kita juga menyediakan mainan buatnya. Nah, agar mainan itu tak membuat suasana rumah

jadi seperti ‘kapal pecah’, lebih baik simpan mainan tersebut di tempat penyimpanan tertutup yang terbuat dari plastik. Pastikan si kecil pada saatnya bisa membuka dan menutup kotak tersebut dengan mudah.

Jika kita ingin menyimpan barang yang tak ingin terlihat di dalam ruangan, bisa memanfaatkan rak atau laci yang kosong di ruangan tersebut.

Tambahkan sentuhan pigura atau vas bunga di atasnya, agar suasana terasa segar dan menyenangkan.

4. Manfaatkan Dinding

Masih banyak yang belum menyadari jika dinding memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan terbaik, lho. Kita bisa memasang rak dinding misalnya, agar suasana lebih apik.

Selain itu, rak dinding juga bisa memberikan sentuhan modern dan elegan di dalam ruangan, terlebih jika model yang dipilih begitu kekinian, kita dan keluarga pasti semakin betah berada di dalam rumah.

Yuk, mulai rapikan rumah biar tampak indah dan nyaman!

TENTRY YUDVI SUMBER: IKEA INDONESIA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.