ADA KEAJAIBAN TAK TERDUGA DI SANA

Adopsi Anak

Nova - - Isu Spesial -

Me n g angkat-sekarang keren nyamengadopsi anak bisa jadi sama tuanya dengan peradaban manusia. Seperti dikisahkan dalam kitab suci, Nabi Musa saja sempat diangkat anak oleh Firaun Mesir.

Bahkan, tak hanya antar manusia. Konon Remus dan Romulus yang diceritakan sebagai pendiri kota Roma, ketika masih bayi malah “diadopsi” oleh seekor srigala betina. Atau, masih ingat dengan kisah fiksi Tarzan yang dianggap anak kandung oleh ibu gorila?

Kisah nama-nama besar, sepertinya juga kian menarik jika memuat bab adopsi. Kenapa bisa begitu, karena bukan melulu tentang adopsinya, melainkan di sana ada hubungan yang penuh warna antara seorang ibu dan anak. Lengkap dengan drama air mata senang atau sedih, dan tak jarang sarat perjuangan.

Yup, perjuangan. Karena perjuangan untuk mengadopsi anak, bahkan sudah dimulai sejak masih dalam bentuk niat. Niat yang muncul, karena begitu mendambakan punya momongan tapi apa daya kadung divonis dokter tak bisa punya anak. Atau, masih ingin punya anak lelaki atau perempuan, sementara usia ibu sudah tak layak untuk hamil lagi. Bahkan, tak jarang ingin mengadopsi anak karena hati terenyuh melihat bayi yang dibuang oleh ibu kandungny sendiri.

Entah berapa banyak lagi alasan bisa disampaikan. Toh, perjuangan mengadopsi anak dengan cara yang baik dan benar, sesungguhnya tidak simpel. Sederet aturan sampai persyaratan legal wajib dilewati sang calon orangtua.

Lalu, perjuangan saat membesarkan sang anak – menurut sebagian ahli – juga perlu cara tersendiri. Meskipun ini bukan lantaran terpengaruh oleh kisah Nabi Musa atau Ben Hur yang pada akhirnya diceritakan justru bersiteru dengan saudara sekeluarga.

Walau tak sedikit juga orangtua anak adopsi dengan lantang berkata, “Gak ada bedanya tuh. Kasih sayang kami buat dia, sama saja dengan anak kandung, bahkan kadang lebih.”

Lalu, apa masalahnya dengan mengadopsi anak?

Ya tidak ada. Seperti juga kita mau atau tidak punya anak.

Karenanya, kisah serupa yang disampaikan Venna Melinda atau Sandra Bullock yang sukses mengadopsi anak ini bisa jadi sering kita dengar. Tapi, tetap perlu kita dengar lagi. Karena setiap anak itu berbeda. Begitu juga kisahnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.