Mobil Dirawat Seperti Baby

BABY OIL TERNYATA TAK HANYA MEMBUAT BAYI SEHAT DAN WANGI, TAPI JUGA MOBIL KITA.

Nova - - Tips Oto - YUNUS FOTO: ISTOCK SUMBER: OTOMOTIF

Merawat agar mobil tetap sehat dan nyaman bisa menggunakan alat dan bahan yang biasa kita temui sehariharinya. Salah satunya dengan baby oil. Lho, kok bisa? Menurut teman-teman dari Komunitas GE8 Squad Indonesia (GSI) , cairan tersebut terbukti serbaguna. Selain bisa membersihkan noda membandel, juga mampu mencegah kusam dan getas pada material karet dan plastik pada mobil.

Berikut ini empat fungsi baby oil yang bisa dipraktikkan pada mobil kesayangan kita:

1. Menjaga Karet Wiper

Dalam kondisi hujan, karet wiper jadi andalan untuk bisa berkendara dengan leluasa. Karet wiper yang berfungsi baik, bisa membersihkan pandangan kita dari curahan air hujan saat berkendara. Lalu, bagaimana kalau karet wipernya getas?

Agar karet wiper bisa dipakai dengan sempurna dan tak getas, kita harus menjaga kelembaban karet tersebut. Cara pakainya, oleskan baby oil pada karet wiper sebelum berpergian atau setelah mobil dicuci. Dengan begitu, karet wiper kita tak mudah getas dan bisa dipakai maksimal. Karena bahan ini tak mengandung zat kimia keras, harusnya aman juga buat kondisi kaca mobil.

2. Bersihkan Ruang Mesin

Perawatan mesin biasanya memang tugas pria, tapi sesekali tak ada salahnya kita ikut melakukan juga. Terutama berkaitan dengan kebersihan ruang mesin. Saat musim hujan, ruang mesin akan mudah kotor. Jadi, meskipun letak ruang mesin berada di balik kap mobil yang tak terlihat, namun menjaga agar tetap bersih sangat penting. Jangan sampai banyaknya kotoran memengaruhi performa mesin.

Harap diingat, membersihkan ruang mesin tak bisa sembarangan. Sebab, di ruangan itu terdapat banyak komponen elektronik yang harus dilindungi. Untuk itu, membersihkan ruang mesin pakai lap basah yang sudah dioleskan dengan baby oil bisa jadi alternatif. Selain bisa membuang kotoran, komponen mesin dari plastik atau karet jadi tak mudah kusam dan pecah-pecah.

3. Menjaga Cat Doff

Mobil dengan cat doff memang tampak keren dan eksklusif, namun apa jadinya jika cat mulai diserbu debu. Tentu akan mengurangi keindahan tampilan mobil kita. Rupanya, baby oil bisa menolong menghilangkan bercak putih dan debu pada cat doff mobil kita, sehingga bisa tetap indah dilihat. Caranya mudah, oleskan baby oil menggunakan kain lap yang berserat lembut. Lakukan secara merata, sambil ditekan dan diputar, sehingga kotoran pada permukaan terangkat bersih. Jangan lupa, sisa baby oil pada permukaan bodi dibersihkan dengan tuntas, ya.

4. Membersihkan Dasbor

Dasbor merupakan salah satu bagian utama pada interior mobil. Jika tampak kotor, selalu bau, juga tak nyaman dipandang. Untuk itu, memang harus rajin dibersihkan. Tapi jika sudah terlanjur lama tak dibersihkan dan tampak kusam, tak usah khawatir, kita bisa membuatnya kembali kinclong dengan baby

oil kok. Prosesnya mudah dan tak butuh waktu lama.

Untuk mengembalikan dasbor mobil agar kembali kinclong, gunakan baby oil dan tisu. Pertama, basahi tisu dengan baby oil, usapkan pada bagian dasbor secara merata. Pastikan tak ada celah pada dasbor yang tertinggal, karena bisa menimbulkan efek mengilap yang tak sama. Lakukan berulang kali sampai dasbor kinclong, dan berorama wangi, seperti bayi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.