MENJADI JOMBLO LEBIH KEREN

Setelah 11 tahun, Jomblo versi baru dirilis. Jikapun film ini tak mampu meledak seperti versi sebelumnya, semoga mampu menghibur para penyandang status jomblo.

Nova - - Cover Story - WIDA CITRA DEWI FOTO: AFRI PRASETYO

Ringgo Agus Rahman mungkin masih lucu, Christian Sugiono sepertinya masih ganteng, tapi setelah 11 tahun kemudian keduanya – maaf – tak cukup segar untuk melakoni kembali film, Jomblo. Karena

Jomblo versi baru kini dibintangi antara lain oleh, Ge Pamungkas, Deva Mahendra, Aurelie Moeremans, dan Indah Permatasari.

Yang tidak berubah, Jomblo masih disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Lalu, akankah Jomblo versi baru ini akan kembali mencetak sukses seperti tahun 2006 silam?

Bakal meledak atau tidak, kita tunggu saja nanti begitu film itu mulai tayang di layar bioskop awal Oktober mendatang. Yang pasti, unsur komedi masih jadi andalan utama, Jomblo. Dengan jalan cerita yang tak jauh-jauh dari urusan mencari pacar. Seperti aksi tokoh Agus yang dilakoni Ge (versi lama diperani oleh Ringgo) dengan ketiga sahabatnya, Doni (Richard Kyle), Bimo (Arie Kriting), dan Olip (Deva Mahendra).

Lika-liku “perjombloan” diurai dengan kocak. Termasuk menyampaikan pesan agar para jombloers tetap tegar hati, juga disampaikan. Seperti yang mencuat lewat

trailer-nya, “Kenapa gue kebelet punya pacar?” “Dari dulu, jomblo itu fenomena yang menjadi momok, selalu dihina di setiap pertemanan. Film yang dulu juga begitu. Tapi sekarang, pesannya adalah bahwa di era yang modern ini, kita punya banyak ruang dan menjadi jomblo itu merupakan kesempatan kita untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.” Jelas Deva Mahenra diamini temantemannya.

Bahkan, digambarkan juga bahwa punya pasangan sama dengan menambah masalah dalam hidup. Salah satunya lewat adegan lewat perseteruan yang dialami oleh Doni dan Olip. Kedua mahasiswa yang bersahabat kental ini jadi bertengkar hebat karena menyukai perempuan yang sama, Asri (Aurelie Moeremans). Atau Agus yang jadi ribet, garagara menyukai dua perempuan sekaligus, Lani (Indah Permatasari) dan Rita (Natasha Rizky).

TIDAK GAMPANG

Sudah begini, memang sutradara sekelas Hanung lah yang bisa membawa, Jomblo tak sekadar lucu. Meskipun tentu tak mudah bagi Ge dan temen-temannya berhadapan dengan Hanung di arena syuting.

Misal, satu hari Ge bercerita. “Dia bilang ke aku, ‘Ge, kamu kurang organik. Harus lebih organik.’ Aku cuma bilang, ‘Iya, siap, Mas.’ Karena kalau nggak, nadanya jadi lebih tinggi lagi. Baru aku tanya ke orang-orang, organik itu maksudnya apa? Aku jadi kayak bayam?

Sayuran, gitu? Atau gimana, sih?” beber Ge sambil tertawa.

Setelah berhasil tanya sana-sini, barulah Ge mengerti bahwa kata organik yang dimaksud Hanung adalah ia bisa berakting lebih natural dibanding sebelumnya.

Atau Deva yang dulu sempat terlibat dalam satu film yang sama dengan Hanung pun menambahkan bahwa dirinya sempat bercanda dengan Hanung sebelum memulai syuting. “Digalakkin, sih, nggak. Tapi pertama ketemu sama Mas Hanung, aku bilang, ‘Mas, aku orangnya sensitif.’ Eh dia bilang, ‘Aku juga...”

TIDAK JOMBLO

Karakter di film boleh berstatus jomblo. Tak ketinggalan, mereka juga menyampaikan pesan kalau menjomblo itu menyenangkan. Tapi, di kehidupan nyata, para pelakon film ini justru sebaliknya.

Ternyata, Ge, Deva, Aurelie, dan Indah tengah asik menjalin hubungan dengan pasangan masing-masing. Bahkan, mereka meyakini betul hidup terasa jauh lebih indah jika memiliki pasangan.

“Di dunia nyata sih, aku tetap menilai kalau jomblo itu salah. Perempuan itu tulang rusuknya laki-laki kan? Kalau nggak ada pasangannya, kita pakai tulang apa, dong? Tulang kering? Lagian sayang aja, sekarang sudah ada aplikasi seperti media sosial atau Tinder, sudah saatnya mudah mencari pasangan,” ujar Ge, “Jalan memang lebih cepat kalau sendiri, tapi akan lebih awet rasanya kalau bisa berjalan berdua.”

“Kita bisa menaklukan dunia kalau seorang diri, tapi kalau dengan pasangan, kita bisa menciptakan dunia kita sendiri, ” balas Deva.

Indah pun tak mau kalah. “Hidup sendiri terus kan rasanya nggak enak. Kalau ada pasangan, hidup lebih menyenangkan.”

Sedang Aurelie yang pacarnya penyanyi Marcello Tahitoe itu bilang, “Lebih enak kalau punya pacar. Tapi kita juga harus merasakan rasanya jadi jomblo selama beberapa waktu.”

Nah, Anda lebih percaya yang mana, yang diungkapkan mereka di kehidupan nyata atau justru yang di layar film?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.