5 FAKTA YANG TAK BIKIN BOSAN

Ajang penghargaan tertinggi program tayangan TV di AS kembali digelar. Meskipun sudah yang ke-69, tak pernah bosan menghadirkan kejutan-kejutan.

Nova - - Selebritas - JEANETT VERICA FOTO: EMMYS.COM | EVV.COM | USA TODAY

Ada yang bikin suasana riuh di Minggu silam. Apa lagi penyebabnya kalau bukan gelaran Emmy Awards 2017. Di sana, karya-karya tayangan fiksi/ non-fiksi terbaik di televisi Amerika Serikat sejatinya akan mendapat apresiasi tertinggi.

Ajang yang dapat disejajarkan levelnya dengan gelaran Academy Awards ini telah dihelat sejak tahun 1949, tepatnya pada tanggal 25 Januari, oleh Academy of Television Arts & Sciences yang berbasis di Los Angeles.

Nah, sepanjang sejarahnya, tentu ada banyak hal yang membuat Emmys –sebutan lain Emmy Awards– tak pernah absen untuk digelar. Apalagi, hampir setiap serial TV menginginkan penghargaan ini untuk dibawa pulang, sebagai bentuk pengakuan bahwa programnya layak untuk ditonton.

Lantas, apa yang masih menarik di gelaran yang ke-69 ini? Ditayangkan langsung, dari Microsoft Theater, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (17/9) lalu, ini 5 fakta menarik menarik menurut NOVA.

1. Ke mana Game of Thrones dan Twin Peaks?

Penggila serial televisi di belahan dunia mana yang tak kenal dengan kedua judul ini. Game of Thrones sendiri merupakan serial yang paling ditunggu-tunggu oleh penonton dan telah menuntaskan penayangan musim terakhirnya pada akhir Agustus kemarin. Sementara

Twin Peaks merupakan salah satu serial drama misteri yang terkenal di tahun 1990-an dan musim terbarunya tayang pada Mei 2017 lalu.

Adapun alasan kedua seri ini tidak diikutsertakan pada nominasi Emmy Awards ke-69 terdapat pada periode tayang keduanya. Masa penayangan serial TV yang dapat diikutsertakan pada ajang Emmys adalah yang tayang dalam kurun waktu 1 Juni 2016 hingga 31 Mei 2017. Sayang, Game of Thrones sendiri tayang pasca periode ini berakhir. Dan untuk Twin Peaks, dari 18 episode yang mengudara, sebagian besar di antaranya dihitung lebih masuk ke periode penilaian Emmy Awards berikutnya, meski ada episode yang tayang sebelum 31 Mei 2017.

2. The Handmaid’s Tale Menang?

Dibanding Netflix, mungkin situs layanan streaming bernama Hulu tidak begitu tersohor. Namun, di ajang Emmy Awards tahun ini, serial berjudul The Handmaid’s Tale yang ditayangkan oleh Hulu berhasil menyabet penghargaan Emmys untuk kategori Outstanding Drama.

Serial ini juga berhasil memboyong penghargaan dari kategori pemeran utama wanita terbaik, sutradara terbaik, aktris pendukung terbaik, dan pendukung naskah terbaik.

The Handmaid’s Tale sendiri merupakan drama yang diangkat dari sebuah novel karya Margaret Atwood di tahun 1985. Serial ini bercerita tentang kondisi fertilitas yang terus menurun akibat minimnya sterilitas yang disebabkan oleh polusi dan penyakit menular seksual. Karena tak banyak perempuan yang bisa hamil, maka perempuan-perempuan yang lebih “subur” harus menerima perlakuan tidak mengenakkan dari mereka yang menginginkan keturunan. Serial ini sendiri diwujudkan oleh Bruce Miller.

3. Aktor Muslim Juga Hitam

Dalam perhelatan Emmys tahun ini, setidaknya ada 4 hal paling bersejarah yang bisa terus diceritakan. Hal ini sejatinya menunjukan keberagaman yang makin tercipta di ajang-ajang bergengsi Amerika Serikat.

Ambil contoh, kemenangan Riz Ahmed yang merupakan aktor Muslim sekaligus aktor pria pertama asal Asia Selatan yang meraih Emmys pada kategori Outstanding Lead Actor in a Limited Series or Movie. Hal ini berkat perannya dalam serial The Night Of.

Donald Glover pun menjadi sutradara terbaik kategori komedi lewat serial Atlanta. Tak ketinggalan, ada juga Sterling K. Brown yang menjadi aktor kulit hitam pertama yang meraih piala pada kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series lewat serial This Is Us. Sementara, Lena Waithe menjadi perempuan kulit hitam pertama yang mendapatkan nominasi sekaligus membawa pulang piala Emmys di kategori Outstanding Writing for a Comedy Series lewat serial Master of None. Waithe menulis naskahnya bersama Aziz Ansari.

4. Rekor Julia Louis-Dreyfus

Bintang Julia Louis-Dreyfus akhirnya memecahkan sebuah rekor: menjadi aktris terbaik dalam kategori komedi untuk ke-6 kalinya lewat serial yang sama, Veep. Julia Louis-Dreyfus kini menjadi peraih Emmys terbanyak untuk kategori yang sama, peran yang sama, dan judul serial yang sama. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Candice Bergen untuk serial Murphy Brown.

5. Menyindir Presiden

Nah, kalau fakta yang satu ini, lumayan bikin pemberitaan soal Emmy Awards kemarin heboh. Sebab, di gelaran Emmy Awards kemarin, konon kabarnya terjadi sindiran-sindiran terhadap Presiden AS saat ini, Donald Trump. Hal ini di antaranya tampak dari isi sambutan presenter Stephen Colbert yang mengungkapkan bahwa segala hal yang terjadi di AS, termasuk Emmys, tak lepas dari campur tangan presiden Donald Trump lewat berbagai cara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.