KEMBALI MUDA DENGAN DARAH

Nova - - Taktik Cantik -

Anda masih merawat wajah dengan krim, susu, atau madu? Kalau iya, berarti Anda belum seberani artisartis Hollywood. Salah satunya, seperti yang dilakukan Kim Kardashian yang disebut-sebut sebagai pelopor vampire facial alias perawatan wajah dengan menggunakan darah itu. Darah? Yup. Tapi tak usah jijik, apalagi takut. Karena yang dipakai bukan darah hewan atau darah orang lain. Melainkan, darah si pasien sendiri.

Prosesnya, darah diambil dan dioleh dengan mesin khusus yang mampu memisahkan sel darah merah dari Plasma Rich Platelet (PRP). PRP yang bewarna kuning keemasan inilah yang digunakan sebagai bahan facial yang disapu ke seluruh wajah.

Hasilnya, perawatan dengan darah ini diklaim mampu meremajakan kulit, menghilangkan bekas jerawat, membuat kulit kembali kencang dan kenyal, serta anti-aging.

Walaupun menggunakan darah sebagai elemen utamanya, namun prosedur perawatan ini dilakukan tanpa pembedahan. “Kemungkinan yang terjadi setelah treatment PRP wajah jadi kemerahan serta bengkak yang akan menghilang dalam 3 hari,” jelas dr. Melis, SpKK, yang menangani PRP Treatment di ZAP Clinic, Menteng, Jakarta.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses PRP ini tergolong singkat. Sekitar 60 hingga 90 menit saja. Tapi, sebelum mulai perawatan, kita harus mengonsultasikan permasalahan kulit yang sedang dialami kepada dokter SpKK, demi mendapat penanganan dan solusi yang tepat sesuai kebutuhan.

Nah, secara garis besar ini 5 tahap proses PRP: 1. Area wajah dibersihkan dari kotoran yang menempel, supaya memaksimalkan proses perawatan.

Makhluk vampir tak pernah jadi tua, konon karena hanya minum darah. Tapi, kita bisa terlihat lebih muda tanpa harus seperti itu.

dr. Melis, SpKK. ZAP Clinic, Menteng, Jakarta Pusat

“Tiga hari sebelum treatment PRP, pasien diharapkan menjaga kualitas hidup sehat, seperti tidak stres, tidak kurang tidur, minum air putih kurang lebih 2 liter/hari, tidak merokok, tidak minum alkohol, tidak mengonsumsi obat rutin seperti aspirin. Pada saat treatment tidak sedang haid dan kondisi badan dalam keadaan fit.”

2. Pemberian krim anestesi pada seluruh area wajah yang akan dirawat. Kemudian dilakukan wrapping supaya krim anestesi lebih menyerap. Lalu tunggu selama 30 menit. 3. Pengambilan darah. Kemudian darah di sentrifuge selama 5 menit untuk menghasilkan plasma darah. 4. Wajah disapu dengan roller berjarum untuk membuka pori-pori. 5. Plasma darah yang sudah menjadi serum dioleskan pada seluruh wajah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah, beginilah vampire facial. Meskipun menggunakan bahan darah, tak ada hubungannya dengan makhluk vampir. Untuk melakukan treatment PRP ini, setidaknya kita akan menghabiskan biaya sebesar Rp2 juta (apabila dilakukan di ZAP Clinic. Berani mencoba?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.