SEHAT DAN SEDAP DIPANDANG BERKAT PILATES

Sudah tak sedap dipandang, postur tubuh bungkuk juga menyebabkan sakit persendian dan otot, di antaranya sakit kepala, sakit leher, hingga pegal linu. Tak hanya itu, postur tersebut juga bisa membuat penampilan Anda sebagai wanita berkurang, terutama saat

Nova - - Tips Bugar -

Tapi, jangan kuatir. Postur tubuh semacam itu bisa diperbaiki. Salah satu caranya, dengan latihan fisik melalui gerakan-gerakan pilates.

“Gerakan-gerakan pilates sangat efektif untuk memperbaiki bahu karena fokus untuk mengaktifkan otot inti agar tubuh lebih tegak,” ungkap Joshua Christian, pengajar di Studio Pilatology.

Dijelaskannya lebih jauh, gerakan-gerakan pilates sendiri lebih fokus pada precise movement atau gerakan yang dilakukan secara benar dan tepat untuk membentuk atau mengencangkan sendi dan otot.

Pasalnya, otot inti yang berada di antara belikat merupakan poros utama bahu menjadi tegak atau tidak. Saat otot sedang tidak aktif secara otomatis bahu pun akan menurun, begitu sebaliknya.

“Latihan pilates hingga mendapatkan bahu dan postur tubuh yang benar minimal harus dilakukan rutin hingga tiga minggu. Biasanya postur sudah terlihat membaik. Tetapi bagi yang masih pemula dan jarang olahraga disarankan untuk melakukan latihan sehari sekali hingga seminggu tiga kali. Jika gerakan tersebut dilakukan tanpa ada jeda, otot bisa kaku dan kaget, sehingga Anda akan mengalami cidera.”

Gerakannya pun dilakukan sangat sederhana dengan hitungan 1-5 detik di setiap gerakan, kemudian Anda harus melakukan pengulangan di setiap gerakan selama 8-10 kali. “Gerakan - gerakan tersebut akan membuka otot sekitar bahu kemudian mengencangkannya sehingga posisi bahu tegak. Dan ini yang juga tak kalah penting. Kita bisa latihan pilates sendiri di rumah atau di kantor.

Berikut, gerakan membetulkan postur tubuh yang disarankan Joshua untuk Anda:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.