SEHAT DULU, KURUS KEMUDIAN

Nova - - Isu Spesial - JEANETT VERICA

Namanya hidup, memang harus serba seimbang. Makanya, tentu tidak berlebihan jika Audy Item rutin menjaga keseimbangan hidup dari segala aspek. Tujuannya? Selain untuk merawat kesehatan badan dan pikiran, tentu juga untuk merasa bahagia. “Yang pasti, kalau soal menjaga tubuh, buat saya segala sesuatu itu harus balance. Enggak ada yang dikurangi, enggak ada yang dilebihkan,” buka istri dari Iko Uwais ini ramah. “Malah yang penting itu, happy. Karena kita jadi positive thinking,” sambungnya kalem.

Demi Keluarga

Sebagai ibu sekaligus istri, Audy jelas ogah bikin keluarganya “terlantar”. Oleh karena itu, ibu dari Atreya Syahla Putri Uwais ini wajib senantiasa sehat. Sudah cukuplah ia pernah menderita asam urat tinggi, serta kolesterol dan gula darah naik waktu hamil mau pun setelah melahirkan. Kalau terulang lagi, keluarganya pasti bakal terabaikan. Jangan sampai, deh! “Tadinya saya bukan tipe yang olahraga banget gitu. Dulu memang saya biasa olahraga di rumah aja, pakai treadmill, atau apalah, karena saya juga lumayan sibuk ya, sering ke luar kota, nyanyilah ke mana-mana. Nah, begitu saya hamil, saya melahirkan, saya ngurusin anak, udah mulai sedikit kegiatan, ‘kan, mulai sering di rumah. Wah, mulai banyak penyakit nemplok, tuh. Apalagi pas hamil, saya naik 30 kilo! Drastis banget. Dari situ, saya mulai ngejaga (kesehatan) banget. Olahraga, biar gula darah, tensi, kolesterol semuanya seimbang,” bebernya bersemangat. Audy mati-matian menjaga kesehatan diri. dia sadar betul akan konsekuensi seandainya sampai dihampiri penyakit. “Karena saya ibu rumah tangga, saya ngurus anak, ngurus suami. Kalau misalkan saya sakit, siapa nanti yang ngurusin mereka? Kasihan ‘kan,” curhat putri dari musisi Jopie Item ini khawatir. Tidak bisa ditolak, beban di pundak kita sebagai wanita memang sejatinya akan bertambah manakala memutuskan berkeluarga. “Kata siapa jadi seorang ibu rumah tangga itu enggak ngapa-ngapain? Banyak, lho, yang dikerjain. Kalau sampai sakit, gimana dong nanti?» protes Audy. Untuk itu, di sela-sela segudang aktivitas, Audy menyisihkan waktu berolahraga. Kalau tidak sempat, “Ngepel atau nyapu, itu kardio juga lho! Beneran. Cuci baju, beberes rumah, lumayan banget lah, haha,”

KURUS ITU BONUS

Keinginan menjadi sehat, seringkali diidentikkan dengan keinginan menjadi kurus. Walau memang tubuh langsing bukan satusatunya standar kecantikan, tapi wanita mana yang tidak kepingin punya bobot badan ideal?

“Ya, itu bonus, kok. Badan bagus itu bonus,” timpalnya. “Orang mikirnya sekarang olahraga itu buat kurus, apa-apa buat kurus. Kamu tahu enggak, sih, kalau kurus itu, belum tentu sehat?,” ucapnya dengan suara memelan.

“Kurus itu juga banyak penyakitnya, bulimia, anoreksia. Gemuk pun juga begitu (banyak penyakit). Jadi kalau saya, olahraganya bukan buat ngurusin badan, tapi buat sehat,” celoteh wanita yang mulai hits di awal tahun 2000-an ini.

Kalau memang mau sehat, tak cukuplah cuma olahraga. Walau sudah rajin ke tempat gym dan melakukan serangkaian aktivitas menguras keringat, badan kita belum tentu langsung kebal penyakit. Untuk itu, asupan makanan ke dalam tubuh pun juga harus diperhatikan. Caranya?

“Yang pasti semuanya harus ada, dari karbohidrat, protein, semua. Tapi dijaga, jangan sampai berlebihan. Karena saya olahraga, pastinya segala sesuatunya berjalan di dalam tubuh. Jadi asupannya harus berjalan juga, enggak boleh nge-cut karbohidrat atau gula banyak-banyak. Semua harus seimbang. Olahraga cukup, makan cukup dan seimbang, tidur pun cukup,» saran Audy.

Lantas, menu makan seperti apa, yang sering dikonsumsi wanita kelahiran 23 April 1983 ini? Ternyata tetap makan daging!

“Saya suka bikin steak, tapi enggak pakai bumbu segala macam, ya. Enggak berlebihan. Paling-paling pakai rosemary. Saya juga jarang sekali makan pakai saus, dan kalau bisa, saya mengurangi juga (makanan) yang diproses-proses. Oh iya, saya juga suka banget makan sayur. Salad gitu,” imbuh artis yang biasa berkonsultasi soal kesehatan ke seorang Personal Trainer bernama Heintje Pojoh ini.

Pada akhirnya, kita mesti sepakat kalau semua aspek harus seimbang. Tanpa olahraga, pola makan yang sehat tak akan berguna, begitu pun sebaliknya. Dan sehat, bukan hanya ketika kita bisa langsing saja. Lagipula...”Kalau buat kurus, ngapain enggak makan, sih? Kesehatan itu mahal, lho. Kalau masuk rumah sakit, berapa uangnya coba? Apa salahnya, sih, kita juga jogging atau jalan kaki di depan rumah? Enggak keluarin duit apa pun kok,” tukas Audy.

“Banyak banget teman-teman yang seumuran saya, apalagi yang umurnya di bawah saya sudah kena diabetes, apa segala macam. Itu bahaya, lho. Mulai dari sekarang, kalau kita bisa mengubah mindset untuk hidup sehat, ya InsyaAllah akan bisa menjadi sebuah lifestyle juga, nantinya,» tandas ibu rumah tangga ini mantap.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.