AGAR TAK GAMPANG TERPELESET

Nova - - Griya -

Tidak jarang kita mengalami kecelakaan di dalam kamar mandi. Yang sering terjadi adalah terpeleset. Penyebabnya, paling sering karena lantai yang licin. Bayangkan bila orang tua yang terjatuh. Akibatnya bisa fatal! Nah, bagaimana menghindari terjadinya hal ini?

Pilih lantai yang kasar Ada bermacam­macam jenis keramik lantai. Untuk kamar mandi sebaiknya pilih keramik dengan permukaan kasar (bertekstur).

Gunakan batu koral Untuk mencegah licin sekaligus sebagai aksen, lantai kamar mandi bisa juga dibuat dari batu koral ukuran kecil.

Jangan biarkan air sabun menggenang

Saluran yang kurang lancar menyebabkan air bekas mandi lama menggenang di lantai sebelum akhirnya masuk ke saluran pembuangan. Lantai yang sering tergenang air sabun ini mudah menjadi licin.

Jangan malas menyikat

Lantai yang rutin digunakan untuk mandi sebaiknya disikat seminggu sekali. Semakin banyak penghuni rumah Anda, semakin sering Anda harus menyikatnya.

Gunakan pegangan dinding

Bila ada lansia di rumah Anda, sediakan pegangan (bentuknya seperti gantungan handuk yang ditempel ke dinding, biasanya terbuat dari besi).

Gunakan alas karet

Anda bisa menambahkan bath mat (pelapis karet bentuknya seperti keset plastik) yang diletakkan di atas lantai. Karet ini biasanya memiliki permukaan bergerigi, sehingga mencegah kita terpeleset.

LOKASI: NINA SINANSARI & DJOKO SUBAGYO, BINTARO | ARSITEK: STUDIO AMARTA, BANDUNG

LOKASI: KEDIAMAN DESKA NADIA, JAKARTA SELATAN | DESAIN: TITIS MAHARDYASTUTI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.