TAPI RASA SEPERTI 20 TAHUN

Puspa Dewi (50)

Nova - - Isu Spesial - MELISSA TUANAKOTTA | FOTO: RICKY MARTIN

Bertambahnya usia sering membuat wanita menjadi tidak percaya diri. Tapi tak perlu dirisaukan. Karena rupa dan semangat kan tidak semuda dulu lagi. Namun selanjutnya, banyak yang rela melakukan berbagai perawatan agar tetap awet muda demi membuat suami betah bersama mereka. Tapi tidak dengan Puspa Dewi. Wanita berusia 50 tahun ini menjadi viral di media sosial karena parasnya yang masih seperti gadis remaja. Alih-alih melakukan perawatan berlebih, ibu dua anak ini lebih memilih untuk menerapkan pola hidup sehat agar selalu bisa tampil awet muda.

“Mungkin karena pola hidup sehat. Bukan berarti aku enggak makan, ya, tapi aku lebih menjaga makananku. Kalau pagi aku hanya makan telur rebus, roti, dan susu. Nah, siang dan malam aku makan makanan sehat dari katering sehat yang dibikin oleh anakku,” kata Puspa.

Namun Puspa Dewi bisa konsisten menerapkan hidup sehat ini karena dia tidak melakukan seorang diri. Seluruh keluarga Puspa pun ikut menerapkannya. “Aku enggak bisa masak, anakku yang pertama yang bisa masak. Dia memang suka banget hidup sehat, dari waktu sekolah sudah mulai belajar bikin makanan sehat untuk bekalnya. Sekarang dia bisnis, deh,” cerita Puspa saat ditemui NOVA di Club Kelapa Gading, Jakarta.

Selain menjaga makanan, untuk menjaga tubuhnya tetap langsing dan bugar, Puspa juga selalu berolahraga. Sedari muda, setiap hari Puspa selalu menyempatkan diri untuk berolahraga.

Puspa mengaku sangat senang sekali senam aerobik. Menurutnya, olahraga yang menuntut orang untuk bergerak dinamis dan energik mengikuti irama musik berirama cepat ini membuatnya berolahraga jadi lebih semangat dan menyenangkan.

“Aku tuh orangnya aerobik banget, soalnya fun dan bikin happy. Aku suka aerobik yang gerakannya ribet, aku bahkan pergi aerobik ke banyak tempat untuk cari instruktur yang energik. Nah, sekarangsekarang ini aku juga suka banget sama zumba dan nge-gym.” Saat nge-gym, Puspa tidak melulu melakukannya di pusat kebugaran. Dia juga melakukannya di rumah. “Di kamar mandi aku simpan dua barbel yang beratnya 2 kilo, jadi biasanya sebelum mandi aku angkat-angkat barbel dulu biar tanganku kencang. Nah, anakku juga di youtube bikin gym tutorial, aku biasanya kalau sibuk tinggal nonton youtube-nya dia aja.”

Lainnya, ia juga senang melakukan olahraga yang membuatnya tetap bisa berjiwa muda. Misal, pergi ke pusat kebugaran yang ramai dan penuh dengan anak muda. Hal tersebut seolah-olah memacunya untuk berkompetisi. “Kalau mereka bisa, kenapa aku enggak,” ujarnya bersemangat. Melihat anakanak muda yang bersemangat seolah memberi pengaruh postif kepada dirinya dan membuat jiwa muda yang berada dalam dirinya tetap terjaga.

Apa menerapkan pola hidup sehat cukup untuk Puspa?

Tentu tidak! Puspa juga selalu berusaha untuk selalu positif dan bahagia. Puspa selalu enjoy menjalankan kehidupan dan bersyukur dengan apa yang dia punya. Sebisa mungkin Puspa tidak mengeluh dengan keadaannya. Jika kesal dengan orang, Puspa pun tidak terlalu ambil pusing.

“Namanya juga hidup, pasti pernah kesel dong sama orang. Kesel boleh, tapi jangan lama-lama. Apalagi kalau berantem sama suami, jangan lama-lama. Masa tinggal satu rumah berantem lama-lama, enggak bahagia nanti hidupnya,” jelas Puspa.

Selalu menjaga penampilan agar tetap awet muda, tidak membuat Puspa Dewi menyangkal usianya yang bertambah tua. Setiap perayaan ulang tahun, Puspa memiliki kebiasaan untuk merayakan bersama keluarga kecilnya dengan meniup lilin yang menyimbolkan usianya.

“Biasanya jam 12 malam anakku akan membawakan aku kue ulang tahun. Kami berkumpul dan berdoa kemudian meniup lilin ulang tahunku lalu kami foto bareng. Kenangan seperti ini selalu mengingatkanku untuk selalu bersyukur, bahwa di umurku yang segini aku masih bisa diberi penampilan yang seperti ini dan selalu berbahagia,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.