BIKIN SENDIRI LEBIH ASYIK

Nova - - Kreasi - MODEL: INDAH IDE DAN STYLIST: DWI LARAS J. DWI LARAS J. | FOTO: AGUNG NUGRAHA

Bila menilik tren, rupanya hiasan kepala berupa bandana masih senantiasa menjadi andalan. Apalagi di Indonesia, di saat musim panas sedang melanda. Matahari yang bersinar terik, pastilah “setia” membuat dahi berkeringat dan menjadikan rambut lepek seketika. Rasanya jadi malas beraktivitas!

Pada kondisi ini, bandana hadir sebagai solusi—dan alternatif aksesori selain topi. Kala menggunakannya, rambut bisa dibuat tetap rapi, keringat pun terserap habis. Gaya Anda pun, pasti tetap terlihat manis. Bonusnya, Anda bisa terlihat jauh lebih muda dan segar. Tak heran bila bandana menjadi aksesori yang laris manis. Meski tak bisa digunakan dalam setiap kesempatan, aksesori ini tetap akan berguna tatkala kita ingin hangout di mal, atau jalan-jalan sore di taman.

Well, daripada membelinya di pasaran, bukankah lebih baik bila kita sedikit berkreasi membuat sendiri bandana ini? Selain membuat penampilan lebih cantik, look kita pun tentu akan lebih unik dan stylish, serta tetap nyaman. Bandana yang kita buat pun tak akan ada “kembarannya”.

Tak mudah, tapi bukannya tak bisa. Dengan langkah-langkah sederhana di halaman ini, membuat bandana pun bisa terasa sederhana.

Lipat sisi lebar kain yang berukuran 10 cm tadi dengan sisi bagus kain menghadap ke dalam dan sisi berlawanan—atau sisi dalam—menghadap keluar.

Pilihlah kain berbahan stretch untuk mempermudah proses pembuatan bandana. Bagi kain sebanyak dua lembar, masing-masing ukuran 50 cm x 10 cm.

Jahit sekitar 1 cm dari pinggir kain, dimulai dari ujung hingga ujung kain. Lakukan pada kedua lembar kain.

Satukan masing-masing ujung kain, jahit menjadi satu.

Voilà! Bandana Anda telah selesai dibuat. Anda juga bisa berkreasi dengan kain bermotif lain.

Ukur langsung bandana dengan lingkar kepala Anda, lalu gunting sisanya.

Setrika kain dengan sisi jahitan berada di tengah.

Tarik keluar sisi dalam kain.

Setelah diukur di kepala, jahit jadi satu semua ujung bandana.

Silangkan kedua kain tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.