Kemenangan untuk mereka yang Lampaui Batas Diri

Pertama kalinya digelar di Indonesia, Asian Para Games 2018 jadikan penyandang disabilitas sebagai bintang utama di setiap lagu resminya. Para musisi ternama terlibat untuk menyanyikan theme song ini.

Nova - - Selebritas - HILYA N | FOTO: AGHNIA, DOK. NOVA

Pesta olahraga penyandang disabilitas Asian Para Games 2018 yang akan digelar 6-13 Oktober, tinggal menghitung hari. Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) pun telah merilis Song Of Victory sebagai lagu tema resminya September lalu.

Sebenarnya lagu karya Erza Lilipory itu sudah pernah dinyanyikan oleh Aryo Wahab dan Putri Ariani akhir Juli lalu dan diunggah dalam akun Instagram @asianpg2018. Namun, lagu yang kental akan nuansa Indonesia itu kemudian diaransemen ulang oleh Denny Chasmala dan dinyanyikan kembali oleh lebih banyak penyanyi.

“Sebetulnya, bintang di lagu yang kita produksi adalah para penyandang disabilitas yang talentanya luar biasa. Kita putuskan untuk mengangkat mereka dan kita kolaborasikan dengan artis-artis berbagai angkatan. Ada juga perwakilan segmentasi, hingga warna suara,” terang Mirsya Budiarsi, Direktur Marketing INAPGOC di GBK Arena, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lagu ini sendiri bercerita tentang pengalaman yang berkaitan dengan cinta, kasih, dan semangat untuk terus maju dan mengalahkan diri sendiri. Tak hanya itu, tapi juga tentang kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi. Erza memang terinspirasi oleh para atlet penyandang disabilitas yang bisa melampaui batas diri mereka.

“Saya mendapat inspirasi bahwa musuh terbesar manusia itu adalah dirinya sendiri. Jadi waktu kita melihat diri sendiri dan kita bisa mengalahkannya, kita akan mengalami kemenangan,” ungkap sang pencipta lagu Erza yang ditemui di lokasi yang sama.

“Kemenangan pun saya dapatkan waktu kita bisa melihat fokus kepada apa yang kita miliki, bukan apa yang kita enggak miliki. Jangan takut, jangan nyerah dengan kondisi apa pun karena waktu kita bisa mengalahkan itu semua, kita udah jadi pemenang,” sambungnya.

Sejumlah penyanyi kenamaan Indonesia yang terlibat antara lain Armand Maulana, Lesty Kejora, Maudy Ayunda, Once Mekel, Regina Poetiray, Vidi Aldiano, Zara Leola, dan Putri Ariani. Sejak awal, Putri memang menjadi bintang yang istimewa untuk lagu ini. Meski buta total, Putri punya kepercayaan diri yang tinggi saat bernyanyi.

Para musisi ini akan menyanyikan lagu Song Of Victory pada saat pembukaan Asian Para Games 2018 pada Sabtu, 6 Oktober mendatang.

Lagu ini bukan satu-satunya, masih ada lagu resmi Asian Para Games lain. Sesuai dengan komitmen INAPGOC, lagu-lagu resmi APG 2018 yang telah diluncurkan menampilkan penyandang disabilitas sebagai bintang utamanya. Lagu tersebut antara lain Sang Juara yang dinyanyikan Naura dan Zizi, serta Dream High yang dinyanyikan Sheryl Sheinafia dan Claudia Fritska. AGHNIA

“Saya mendapat inspirasi bahwa musuh terbesar manusia itu adalah dirinya sendiri. Jadi waktu kita melihat diri sendiri dan kita bisa mengalahkannya, kita akan mengalami kemenangan.” Erza Lilipory, pencipta lagu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.