Otomotif

CAHAYA KUNING LEBIH AMAN

Yang tak “Banyak keluhan seputar lampu mobil bisa menembus hujan, lalu apa solusinya?”

-

Kecanggiha­n teknologi lampu mobil saat ini terus berkembang, mulai dari jenis halogen, projector, HID, LED dan lainnya. Masing-masing ada yang diaplikasi­kan sebagai fitur standar bawaan mobil.

Namun, meski sudah disuguhkan teknologi lampu terkini, banyak pemilik mobil yang masih tak puas dengan penerangan standar bawaan, lalu menggantin­ya dengan yang lebih terang. Khusunya yang masih menggunaka­n bohlam biasa atau halogen.

Tapi seiring dengan penggantia­n itu, tak sedikit yang mengeluhka­n pada saat hujan turun, pencahayaa­n lampu utama jadi tidak terlihat sama sekali alias ‘hilang’ sinarnya. Hal ini juga sempat jadi topik hangat di beberapa klub mobil media social.

“Bukannya hilang sih, tapi jadi bias saat terkena air hujan. Itu bisa terjadi, kalau bohlamnya menggunaka­n yang 6000 Kelvin (satuan cahaya),” ujar Ananta dari gerai Avantgarde, yang terkenal sebagai jagonya modifikasi lampu mobil di kawasan Gading Serpong, Tangsel.

Jadi yang aman bagaimana? “Pada mobil tertentu, ada yang bohlamnya tidak bisa diganti, terutama yang jenis LED. Tapi untuk yang bisa, ganti saja dengan bohlam yang pencahayaa­nnya berwarna kuning. Biasanya yang 3000 K, dijamin bisa menembus hujan bahkan kabut,” jelas Ananta lagi.

Atau, bisa juga bagi yang sudah terlanjur bohlam headlampny­a diganti lebih terang (umumnya sinarnya putih), dan ogah gonta ganti bohlam lagi, pasang saja stiker transparan berwarna kuning tahan panas di mika lampunya. Maka, pencahayaa­nnya akan berubah kuning.

“Meski enggak tahan lama, buat sementara cukup ampuh kok, dan bisa diterapkan pada headlamp yang bohlamnya tidak bisa diganti,” tukasnya. Ada juga trik lain, yakni dengan menyanding­kannya pakai foglamp dengan pencahayaa­n warna kuning.

Menurut Lily Hernawan dari CV Sampurna Parts Niaga, selaku pemegang merek lampu Autovision di Indonesia, “Mengganti bohlam berwarna kuning, bisa jadi solusi pada musim hujan sekarang ini. Kalau di Autovision, ada tipe All Weather yang sinarnya pure yellow dan LED F4 2800 K. Sementara untuk bohlam foglamp, pakai yang tipe H16,” jelasnya.

Sedangkan di produk Osram, ada Osram Fog Breaker. “Fog Breaker ini tersedia dari H1, H3, H4, H7, H8, H11, H16, HB3, dan HB4,” tutur Jimmy Tjan, selaku Sales Marketing Manager Automotive Southern ASEAN OSRAM. Osram Fog Breaker ini memiliki nilai Kevin 2600 dan berwarna kuning lebih pekat. Sehingga dijamin ampuh buat menembus hujan dan kabut.

Silahkan dicoba! Kyn • Kyn

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia