Otomotif

BAHAN KHUSUS HASIL HALUS

-

Kekuatan dan kualitas komponen baik di motor harian dan balap tentu harus sangat dijaga. PT Astra Honda Motor (AHM) sudah memiliki jaringan kuat dan terpercaya untuk membuat komponen berbagai gear dan camshaft yang dipakai pada semua produknya. PT Musashi Auto Parts Indonesia jadi pemasok untuk komponen-komponen yang berhubunga­n dengan gear tersebut.

“Kita support semua untuk camshaft dan gear transmisi semua produk Honda. Mulai bebek, matic dan juga sport,” sebut Sadar Situmorang, Sales Marketing Musashi tersebut.

Secara garis besar memang terlihat hanya dua komponen, tapi didalamnya termasuk juga shaft untuk gigi transmisi dan shaft kick starter. Bisa disebut, produk Musashi menjadi ujung tombak lancarnya perjalanan motor harian dan balap.

Mengenai bahan yang dipakai, Musashi lebih mempercaya­kan pada Steel yang didatangka­n dari Jepang. “Dengan bahan ini, komponen jadi lebih kuat dan presisi. Ini yang dibutuhkan oleh suatu produk,” jelas I Dewa Gede Asemana, Section Head Production perusahaan tersebut.

Setelah cukup lama berjalan, bahan kembali bertambah dengan menggunaka­n steel baru. Sedikit berbeda dengan steel lama, bahan ini lebih ramah untuk produksiny­a. “Ini request dari Honda langsung. Jadi memang kita sediakan dan khusus produk Honda saja,” tambah pria asli Bali ini.

Untuk pemenuhan kebutuhan, Musashi harus membuat sekitar 12 ribu masing-masing komponen yang nantinya dirangkai jadi satu dalam motor. Sementara itu, permintaan dari Honda sendiri sekitar 400-450 ribu setiap bulannya. Artinya, pabrik yang berada di kawasan Cikarang, Jabar tersebut akan terus bekerja memenuhi permintaan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan motor-motor harian, Musashi ini juga menerima pesanan khusus dari para tim balap motor Honda.

Menurut I Dewa Gede Asemana, bahan yang dipakai tetap sama seperti standar, tapi pengerjaan­nya berbeda. “Pasti ada beda dengan standar. Karena kalau permintaan tim kan hasil dari riset yang dilakukan. Untuk mengejar performa tinggi, kalau standar lebih ke durabilita­s,” sebutnya.

Komponen-komponen hasil produksi Musashi sampai saat ini belum ada yang mengeluhka­n. Karena perusahaan yang berdiri sejak 1996 ini memiliki komitmen yang kuat pada hasil produksi yang presisi dan juga kuat.

Selain membuat komponen untuk motor Honda, Musashi juga membuat komponen untuk mobil. • ADV

 ??  ?? Beragam Gear Transmisi produksi Musashi Camshaft dengan jaminan kualitas dan ukuran yang presisi Gear Transmisi Musashi untuk motor sport150cc
Beragam Gear Transmisi produksi Musashi Camshaft dengan jaminan kualitas dan ukuran yang presisi Gear Transmisi Musashi untuk motor sport150cc
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia