Otomotif

Team Order Ducati Halangi Marquez

-

Andrea Dovizioso membuka peluang kembali bertarung meraih juara dunia Motogp 2017. Pembalap Ducati Team ini meraih kemenangan di Motogp Malaysia, sirkuit Sepang (29/10). Kemenangan­nya Dovi menunda juara dunia, Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang diperkirak­an akan meraih titelnya di Sepang.

Marquez yang finish di posisi 4 harus rela selisih selisih pointnya semakin dekat. Berbeda 21 point antara Marquez dan Dovi belum memungkink­an baginya meraih juara dunia.

“Balapan hari ini adalah balapan yang sangat sulit, apalagi saya bersaing untuk titel juara dunia. Kondisi hujan membuat sirkuit menjadi sangat licin, untung saya melakukan start yang bagus dan bisa memangkas posisi tidak begitu jauh. Memang beresiko, tapi itu lah yang bisa saya lakukan,” kata Marquez.

Satu seri pamungkas di Valencia, Spanyol dengan selisih 21 point, terlihat mudah bagi pembalap 24 tahun tersebut. Pasalnya, ia hanya butuh finish di posisi 11 untuk merebut tahta Motogp 2017.

TEAM ORDER

Pasalnya, Dovizioso bukan hanya butuh bantuan rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang harus membantuny­a di seri pamungkas dalam perebutan titel. Membantu? Yup¸ aksi Lorenzo yang ‘mengalah’ di lap ke-13 membuat posisi terdepan diambil alih oleh Dovi.

Bahkan saat tayangan langsung, ada pesan singkat berisi ‘ suggested mapping 8’ pada speedomete­r Lorenzo, kala memimpin balapan. Mengubah mapping ECU secara manual bisa jadi membuat motor menjadi lebih kencang, atau sebaliknya. Terbukti setelah mengubah mapping, catatan waktu Lorenzo yang semula konsisten 2 menit 13 detik, menjadi 2 menit 14 detik. Bisa dibilang, komando mengubah mapping tersebut adalah ‘perintah’ untuk Lorenzo melambatka­n motornya dan membiarkan Dovi lewat.

Benar saja, hal ini diakui Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti. “Itu ( team order) hal yang benar untuk dilakukan. Kami tim dan harus bekerja seperti itu. Sekarang kami masih berpeluang untuk Valencia. Apapun bisa terjadi di sana. Tentu berat, tapi kita akan berjuang dan mencoba hingga akhir,” kata Ciabatti.

Jika benar demikian, itu merupakan pilihan berat bagi Lorenzo. Sebab ia berkesempa­tan besar meraih kemenangan untuk pertama kalinya bersama Ducati tahun ini. Ia lebih memilih mengikuti perintah tim, ketimbang harus mengikuti ego untuk meraih kemenangan.

Apalagi jika melihat rekam jejak Marquez, pembalap berjuluk ‘ The Dangerous Joker’ ini, tidak pernah absen meraih podium di Valencia sejak debutnya di 2013. “Saya sangat yakin bisa meraih kemenangan, tapi saya juga tahu kalau Marquez sangat tangguh di sana. Dengan sedikit kemungkina­n, saya masih yakin bisa membawa pulang gelar juara dunia,” tutur Dovi. • DAB

Andrea Dovizioso kembali memiliki peluang dibalik intrik tim Ducati

 ??  ?? foto:ducati
foto:ducati
 ??  ?? Marc Marquez hanya butuh finish posisi 11 untuk bisa menjadi juara dunia redbull content pool
Marc Marquez hanya butuh finish posisi 11 untuk bisa menjadi juara dunia redbull content pool
 ??  ??
 ??  ?? Adanya team order diakui oleh Paolo Ciabatti di Motogp Malaysia
Adanya team order diakui oleh Paolo Ciabatti di Motogp Malaysia

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia