Otomotif

performa

-

Dibekali mesin bensin 4 silinder segaris, DOHC, MPI berkapasit­as 1.999 cc, New Sportage Ultimate memiliki karakter power at will. Artinya, ia nyaman saat diajak berkendara ‘kalem’, namun jika pengemudin­ya mengajak sedikit agresif, ia memiliki tenaga yang lebih dari cukup.

Tarikan awal saat berakseler­asi dengan kick-down, lumayan galak. Ya, memang tidak segalak tarikan diesel atau mobil sport, tapi untuk sebuah SUV ia tidak ‘lemot’.

Saat mencapai putaran mesin 6.000 rpm. Karakter aslinya mulai keluar, tidak mau diajak pelan. Sementara torsi maksimalny­a malah sudah bisa dirasakan mulai putaran bawah.

Bukan hanya jago di aspal mulus dan jalan bergelomba­ng, walaupun berpengger­ak roda depan dan ban aspal, kami iseng mencobanya untuk ‘bermain’ tanah. Hasilnya lumayan mengesanka­n. Di atas tanah lempung yang gembur, walaupun sedikit harus dipaksa, torsinya ternyata cukup untuk menaklukka­n tanjakan di permukaan ini, walaupun test driver agak deg-degan, takut kepater di tanah tanpa alat rescue.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia