Hon­da Va­rio 150 Bo­ros

Otomotif - - Konsultasi -

Se­la­mat pa­gi Mas Aant, i­zin ber­ta­nya men­ge­nai bo­ros­nya kon­sum­si Va­rio 150 sa­ya. Sa­ya be­li bu­lan A­pril ke­ma­rin ini, ma­sih e­di­si Va­rio y­ang la­ma. Nah da­ri a­wal itu su­dah sa­ya ra­sa­kan mo­tor te­ra­sa bo­ros se­ka­li dan su­dah dua ka­li ser­vi­ce pun sa­ya su­dah kom­plain, ta­pi tak kun­jung me­nun­juk­kan pe­ru­ba­han y­ang sig­ni­fi­kan a­tau se­le­sai per­ma­sa­la­han­nya. Sa­ya ser­vi­ce di de­a­ler Da­ya Ci­ma­hi di de­ket tol Ba­ros.

Pa­da­hal sa­ya ini meng­gu­na­kan mo­tor d­en­gan ti­dak be­jek gas da­lam-da­lam, ba­hkan se­ring kon­stan di ren­tang 40-50 km/jam sa­ja, ka­lau mau me­ny­a­lip ba­ru sam­pe 60 km/jam. Per­lu di­ke­ta­hui ju­ga per­ja­la­nan sa­ya ha­nya ke kam­pus y­ang ja­rak­nya itu pu­lang per­gi ha­nya se­ki­tar 8 km sa­ja.

Sa­ya bin­gung ke­na­pa mo­tor ini bo­ros, te­rak­hir isi ben­sin sam­pai 7 li­ter sa­ya hi­tung be­tul ha­nya ku­at 200 ki­lo­me­ter, d­en­gan ca­ta­tan ini ada ha­ri di ma­na sa­ya bi­sa 2 ka­li da­lam se­ha­ri ke kam­pus un­tuk pu­lang per­ginya ta­pi ti­dak se­ring.

Sa­ya pe­na­sa­ran un­tuk mem­ban­ding­kan d­en­gan mo­tor saud­a­ra sa­ya y­ang sku­tik, mu­lai Ae­rox la­lu NMAX ba­hkan sam­pai Va­rio 150

y­ang All New pun, me­re­ka se­mua itu ren­tang kon­sum­si ada di 38-40 km/li­ter, ma­ka­nya sa­ya ter­he­ran-he­ran ji­ka mo­tor sa­ya te­ra­sa bo­ros, bo­bot pun ber­bon­cen­gan ha­nya dua o­rang sa­ja, itu pun sang­at ja­rang se­ka­li. Apa so­lu­sinya mas un­tuk per­ma­sa­la­han ini? Apa ada y­ang sa­lah da­ri se­tin­gan mo­tor se­jak a­wal?

Oh iya sa­ya la­ku­kan in­rey­en mo­tor ini ju­ga se­su­ai d­en­gan pe­tun­juk sang­at di­jaga se­ka­li. De­ny Per­ma­na Jl. Mar­ga­lu­yu Ke­lu­ra­han Ci­ma­hi, Ko­ta Ci­ma­hi Ja­wa Ba­rat

Se­la­mat pa­gi ju­ga Kang De­ny, langsung sa­ja ya! Se­be­lum sa­ya a­na­li­sa ma­sa­lahnya, ada y­ang me­na­rik nih da­ri da­ta y­ang di­ung­kap. Te­ru­ta­ma ba­ny­ak­nya isi ben­sin y­ang men­ca­pai 7 li­ter, pa­da­hal tang­ki Va­rio 150 cu­ma 5,5 li­ter. Jan­gan-jan­gan pas isi ben­sin SP­BU-NYA cu­rang, ja­di y­ang ter­te­ra le­bih ba­ny­ak. Ja­di ka­lau da­ri po­si­si pe­nuh 5,5 li­ter bi­sa un­tuk 200 km, ra­ta-ra­ta ma­sih se­ki­tar 36 km/ li­ter. Angka se­gi­tu me­mang cu­kup bo­ros, men­gin­gat ber­da­sar­kan tes OTOMOTIF bi­sa ki­s­a­ran 44 km/li­ter.

A­pa­nya y­ang sa­lah? Per­ta­ma pe­rik­sa ca­ra ber­ken­da­ra a­pa­kah su­dah be­nar? Jan­gan sam­pai se­pan­jang ja­lan gas di­be­jek ta­pi ju­ga sam­bil di­rem, pas­ti ja­di bo­ros. La­lu li­hat ju­ga kon­di­si ja­lan, ji­ka macet pa­rah ten­tu ju­ga ja­di bo­ros.

Ji­ka hal di lu­ar mo­tor itu tak ter­ja­di, bi­sa ja­di kon­di­si mo­tor me­mang tak se­hat. Pe­ny­e­bab bo­ros bi­sa da­ri kom­pre­si ru­ang ba­kar bo­cor, bi­sa a­ki­bat se­te­lan klep y­ang tak be­nar a­tau ada ba­ret di pis­ton a­tau si­lin­der­nya. Bi­sa ju­ga ka­re­na pen­ga­pi­an y­ang tak te­pat. A­tau pe­ny­a­lu­ran te­na­ga y­ang tak sem­pur­na, mi­sal ba­gi­an CVT se­lip pa­rah.

Un­tuk me­mas­ti­kan se­baik­nya kem­ba­li ba­wa ke beng­kel re­smi (AHASS) ter­de­kat un­tuk min­ta di­cek, ka­re­na u­sia ma­sih hi­tun­gan bu­lan ten­tu ma­sih di­ja­min ga­ran­si.

Gi­tu Kang De­ny, se­mo­ga ja­wa­ban sa­ya bi­sa mem­ban­tu men­gem­ba­li­kan kei­ri­tan Va­rio.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.