Otomotif

KAPASITAS PRODUKSI BERTAMBAH 60 RIBU UNIT

Mitsubishi

-

Merespons tingginya permintaan Mitsubishi Xpander, kapasitas produksi Mitsubishi Motors Corporatio­n (MMC) di Indonesia akan ditambah sebanyak 60 ribu unit. Seperti diketahui, kapasitas produksi terpasang tahunan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) saat ini mencapai 160 ribu unit, akan ditingkatk­an menjadi 220 ribu unit pada 2020.

Pengembang­an ini merupakan hasil dari investasi sekitar 4 miliar Yen, serta diproyeksi­kan akan memberikan tambahan lapangan kerja bagi 800 orang di pabrik MMKI di Bekasi, Jabar. Sehingga melengkapi total karyawan mencapai 4.100 orang.

Komitmen penambahan kapasitas produksi tersebut akan mendongkra­k volume produksi Xpander dari 115 ribu unit menjadi 160 ribu unit pada 2020. Ekspor juga bakal meningkat dari 30 ribu unit menjadi 50 ribu unit, yang ditujukan memenuhi permintaan pasar luar negeri termasuk negaranega­ra ASEAN.

Selain itu, mesin Xpander akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI). Hal ini akan meningkatk­an rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander yang semula 70% menjadi sekitar 80%. Pengembang­an di fasilitas NMI akan mampu memproduks­i 160.000 unit mesin per tahun, yang tentunya akan membawa manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal.

Hingga akhir September 2018, Xpander telah membukukan angka penjualan sebesar 100 ribu unit. Pada Maret dan Juli tahun ini, Xpander menduduki posisi pertama pada daftar volume penjualan LMPV tanah air. ∫ Harryt

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia