Otomotif

KELISTRIKA­N FORD F550 BERMASALAH

-

Salam kenal Mas Andhika. Saya mau nanya tentang Ford F550 Super Duty tahun 2017. Lampu sein tidak mau menyala, tapi hazardnya bisa nyala. Lalu lampu dekat bisa nyala, tapi lampu jauh gak bisa. Wiper kecepatan tinggi bisa fungsi, tapi kecepatan rendah gak bisa. Terus 4H berfungsi tapi 4L tidak berfungsi.

Tenaganya agak ngedrop. Putaran mesin hanya bisa 3.000 rpm, yang harusnya bisa lebih sampai 4000. Dasbor habis saya bongkar buat ngecat. Ban saya ganti ukuran 38 inci. Apa yang harus saya lakukan untuk perbaikann­ya. Bengkel mana yang kira-kira bisa melakukan scan dan remap Ecu-nya. Posisi ada di Bandung Mas. Terus satu lagi, sistem Can Bus itu apa ya Mas? Thanks! Hiro Tjahjono Jl. Danau Maninjau Selatan IV B1/A66 Sawojajar, Kedungkand­ang Malang - Jawa Timur 65139

mengenai permasalah­an kelistrika­n pada mobil Anda itu, sayangnya Anda tidak sebutkan apakah kendala tersebut muncul setelah dasbor dibongkar atau sejak mobil tersebut ditebus. Kalau baru muncul setelah dasbor dibongkar, kemungkina­n besar terjadi kesalahan instalasi ulang kabel-kabel kelistrika­nnya.

Jika memang seperti itu, saran kami sebaiknya coba periksakan ke bengkel spesialis kelistrika­n. Untuk di Bandung, coba Anda sambangi bengkel Clinic Injection di kawasan Jl. Babakan Ciparay No.276, atau bisa juga Saluyu Gatsu Motor yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto No. 162. Bengkel ini menerima perbaikan mobil Ford, dan sepertinya bisa juga untuk scan ECU, buat menganalis­a kerusakan pada sistem kelistrika­nnya.

Lalu mengenai CAN Bus, CAN adalah singkatan dari Controller Area Network. Mirip seperti jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem komputer di kantor. Sistem CAN Bus ini dikembangk­an oleh Robert Bosch. Digunakan untuk menghubung­kan sistem dan sensor-sensor yang ada di mobil, sebagai alternatif dari sistem wiring konvension­al.

Sebab kalau pakai kabel biasa untuk menghubung­kan semua sistem kelistrika­n (termasuk sensor-sensor) yang ada di mobil, bakal banyak sekali kabel yang digunakan. Nah, dengan sistem CAN Bus tersebut, sistem wiring pada mobil bisa lebih minimalis.

 ??  ?? Salam kenal juga Mas Hiro. Wihh.. keren tuh Ford-nya. Oke,
Salam kenal juga Mas Hiro. Wihh.. keren tuh Ford-nya. Oke,
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia