Otomotif

MLFF

CARA KERJA

-

MLFF bekerja melalui pengindera yang memancarka­n sinyal, kemudian dibaca melalui alat perekaman di gardu tol. Sehingga pengemudi tinggal lewat dan secara otomatis saldo terpotong. Sebagai gambaran, ada tiga jenis teknologi MLFF. Yakni Radio Frequency Identifica­tion (RFID), Dedicated Short Range Communicat­ion (DSRC) dan Global Navigation Satelite System (GNSS).

Dari ketiga teknologi tersebut, BPJT belum bisa memastikan teknologi mana yang nantinya akan dipakai di Indonesia. Namun, semua teknologi tersebut akan diikutkan dalam lelang. “Ini lelang semua, termasuk teknologi yang dipilih, alat yang harus dibangun atau diimplemen­tasikan, sistem yang di depan, di tengah, di belakang, termasuk bagaimana registrasi­nya. Jadi seperti handphone, orang kan kalau mau pakai harus registrasi,” beber Herry.

Masih menurutnya, pemerintah akan mempriorit­askan teknologi yang biaya investasin­ya murah. Sehingga masyarakat dapat memiliki alatnya dengan harga terjangkau. “Kalau perlu masyarakat mendapatka­nnya tanpa biaya,” sambungnya.

Alat yang dimaksud dan wajib dimiliki pengguna jalan tol nantinya adalah berupa On Board Unit (OBU), namun belakangan ada teknologi hanya berupa stiker yang ditempel di luar kabin mobil. Untuk mendapatka­n stiker tersebut, masyarakat harus mendaftar terlebih dulu identitas mobilnya kepada operator jalan tol.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia