SenSaSi

Trail 2-Tak, Spek kompeTiSi

Otoplus - - SPOTLIGHT -

Meski kemunculannya masih malu-malu, perlahan namun pasti, Sherco mulai melakukan penetrasi di segmen pasar motor trail Tanah Air. Sherco adalah brand motor trail yang berasal dari Prancis. Boleh disejajarkan dengan brand Eropa lain, seperti KTM dan Husqvarna.

OTOPLUS diberi kesempatan jajal Sherco 300 SE-R Six Days yang berspesifikasi mesin tipe 2 tak. Milik salah satu rekan, sayang sekali bila dilewatkan. Bagaimana impresinya?

OTOPLUS juga tidak sabar merasakan sensasi motor trail 2 tak ini. ( Naskah& Foto: Ronie)

ERGONOMI

Bagi OTOPLUS yang memiliki postur tubuh 163cm, tentu motor ini sangat jenjang. Karena memiliki spesifikasi ground clearance yakni 35,5 cm. Sedangkan tinggi jok dari tanah hampir 1 meter, lebih tepatnya menurut spesifikasi adalah 95 cm. Posturnya sangat tinggi bak kuda Eropa.

Untung OTOPLUS mengenakan boots dalam sesi test ride ini, sehingga sedikit membantu. Namun demikian, saat sudah berada di jok kedua kaki tidak bisa menapak tanah dengan sempurna. Mesti dibantu dengan setingan preload monoshock yang empuk. Sehingga motor menjadi sedikit lebih rendah, walaupun hanya salah satu kaki saja yang bisa turun.

PERFORMA

Beberapa saat OTOPLUS coba memainkan dan memutar gas untuk merasakan raungan mesin dan suara khas motor 2 tak. Renyah bin gemrincing karena Sherco 300 SE-R Six Days ini sudah dibekali saluran gas buang berlabel FMF full system. Jadi, knalpot OEM ( Original Equipment Manufacturer) saja sudah sangat mumpuni.

Impresi pertama yang dirasakan OTOPLUS saat mulai memutar gas, motor ini punya akselerasi powerful, dijantungi karburator Keihin PWK Air Strike 36mm dan mesin ber-spek square, membuat karakternya merata dari bawah hingga atas.

Uniknya, meski punya akselerasi yang galak. Sherco 300 SE-R Six Days bisa juga diajak kalem. Tergantung kebutuhan dari penunggangnya. Tinggal memainkan putaran gas mau pelintir cepat secara penuh atau perlahan secara lembut. Kontrol di tangan kanan sepenuhnya, tinggal lihat kondisi saja.

Karakteristik semacam ini sangat sesuai untuk kebutuhan enduro dan trail adventure. Karena, motor sangat mumpuni untuk melahap berbagai kondisi rute atau jalur. Butuh torsi atau power keduanya bisa diatur mudah oleh rider.

HANDLING

Bobotnya yang ringan, hanya 105 Kg dengan sumbu roda 1.480 mm sangat membantu handling. Diajak melahap berem baik di high side maupun low side sangat nurut. Kelincahannya tidak membuat stamina terkuras banyak untuk menjinakan trail asal Perancis ini. Bagi pemula sekali pun sangat terbantu apalagi buat kalangan enthusiast.

Lebih istimewa lagi, sokongan WP suspension spek kompetisi sangat teruji performanya di lintasan garuk tanah Sirkuit Motocross Djagung Malang. Berbagai macam handicap dari superbowl hingga kubangan lumpur dilahapnya dengan baik. Pastinya, OTOPLUS sangat betah membesut motor ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.