AdA pErAturAnnYA, soB!

Otoplus - - OPTEK -

Sorot lampu depan itu ada aturannya. Nggak bisa asal, sebab bisa mengganggu pengendara lain dari depan. Terutama jika terlalu mendongak ke atas.

Yang jadi masalah adalah, arah sorot lampu ini bisa berubah karena beban pengendara. Apalagi ketika membonceng dan membawa beban tambahan. Arah sorot lampu bisa berubah.

Dari sini, ada baiknya menyetel dulu sorot lampu depan, terutama saat merencanakan perjalanan jauh. Ini demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Sebaiknya ikuti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2012 tentang Kendaraan Pasal 24 ayat 2 mengatur soal lampu utama dekat dan jauh sepeda motor.

‘Untuk Sepeda Motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh paling banyak dua buah dan dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.’

Nah menyetel sorot lampu depan ini bisa dilakukan sendiri. Tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan bengkel cara men-setting- nya. Terutama untuk motor baru.

Pada All New Honda CBR250RR yang mengusung headight LED, misalnya. Meski menggunakan lampu LED, namun untuk setting sorot sinar lampunya ternyata enggak susah.

“Bisa pakai kunci pas ukuran 8 atau pakai obeng plus (+),” kata Achmad Jainul, mekanik bengkel AHASS MPM Simpang Dukuh Surabaya.

Setelan lampu depan All New Honda CBR250RR sesuai dengan letaknya. Headlamp sisi kanan setelannya di belakang lampu sisi kanan. Sedang headlamp sisi kiri setelan lampu di belakang lampu sisi kiri.

Tiap lampu setelannya ada 2. Setelan dengan baut warna putih di atas, dan hitam yang ada di bawah.

“Baut warna putih ( Gambar 1) untuk setelan lampu ke arah kiri dan kanan. Sedang baut yang warna hitam ( Gambar 2) untuk setelan ketinggian atau rendahnya sinar lampu,” ujarnya.

Sebelum mulai mensetting sinar lampu All New Honda CBR250RR ini, posisikan motor dalam kondisi tegak di atas tempat yang rata dan menghadap ke tembok. Bisa memanfaatkan standar paddock untuk memposisikan All New Honda CBR250RR berdiri tegak.

Nyalakan lampu depan dan arahkan sinar lampu ke tembok atau bidang yang rata untuk melihat sorot dari tiap bohlamp. Mulai setting sinar lampu LED.

Bisa mulai dengan menyetel jauh dekat sinar lampu LED dengan menggunakan kunci pas 8 atau obeng plus. Pada praktek ini dipakai kunci pas 8 yang dimasukkan ke baut warna hitam ( Gambar 3) atau bagian bawah.

“Putaran searah jarum jam akan membuat sinar lampu rendah. Sedang arah berlawanan, sinar lampu makin jauh,” kata Achmad.

Sedang untuk mengatur arah sinar lampu ke kanan atau kiri dengan memasukkan kunci pas 8 ke baut warna putih ( Gambar 4). “Putaran searah jarum jam membuat sinar lampu makin masuk. Arah berlawanan jarum jam, sinarnya akan makin keluar,” ujarnya.

Samakan ketinggian sinar dari dua lampu depan bagian kanan dan kiri, juga sinar lampu mendatarnya (arah kanan kiri) supaya terang. (Naskah & Foto: Auto17)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.