Your Body:

Pregnancy (Indonesia) - - Contents -

6 Titik Pijat Relaksasi.

Kesibukan bekerja hingga mengurus keluarga dan melakukan pekerjaan rumah tangga bisa membuat tubuh Anda kelelahan. Apalagi dengan kehamilan yang semakin membesar dan bertambah berat. Mungkin Anda berpikir untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas agar tubuh Anda segar kembali. Padahal, jika Anda terlalu pasif pun kurang baik bagi kesehatan. Coba atasi dengan pijatan. PREGNANCY berikan tip pijatan pada titik-titik yang tepat dan aman.

KEPALA

Mintalah pada suami untuk memberikan pijatan di bagian kepala guna mengurangi rasa pening. Atur posisi duduk Moms agar nyaman dan mintalah suami untuk memijat dengan gerakan memutar pada titiktitik accupressure. Tujuannya adalah agar peredaran darah sekitar wajah Anda menjadi lancar. Pijatan dapat dimulai dari bagian atas tengkorak kepala, lalu menuju kening, pelipis, tulang pipi, hidung, dagu, sampai bagian belakang daun telinga.

LEHER

Perubahan postur saat hamil bisa membuat leher menjadi tegang dan kaku. Setelah bagian kepala, arahkan pijatan turun ke daerah tengkuk dan leher Anda. Minta pijatan yang ringan. Sedikit baluran minyak dapat berguna untuk menghangatkan area leher.

BAHU

Tidur dengan satu posisi terus-menerus di saat hamil dapat menyebabkan pegalpegal pada area bahu. Redakan dengan usapan memutar pada kedua sisi bahu Anda. Nyamannya!

PUNGGUNG

Punggung menerima beban yang cukup tinggi saat hamil. Pijatan pada bagian ini dapat membantu mengurangi nyeri dan merelaksasi otot di bagian tulang belikat. Posisikan tubuh Anda dengan nyaman seperti berbaring miring. Rasakan pijatan lembut dengan gerakan bawah ke atas maupun sebaliknya di sepanjang tulang belikat dan sisisisi tulang belakang.

BOKONG

Masih dengan posisi berbaring miring, pijatan di daerah bokong bisa mengurangi ketegangan di area itu. Cukup berikan sedikit tekanan dengan kepalan tangan. Lakukan dengan lembut dan ulangi.

PAHA DAN BETIS

Pilihlah posisi telentang atau duduk. Biarkan suami mengusap-usap dengan gerakan naik turun dari bagian paha luar hingga dalam secara bergantian di paha kiri dan kanan. Setelah itu, arahkan ibu jari suami untuk mengurut bagian otot di daerah betis kiri dan kanan. Hindari penekanan terlalu keras terutama jika terdapat varises, karena dikhawatirkan akan memecah gumpalan darah di daerah tersebut. Sebelum dipijat, konsultasikan dahulu pada dokter. Lakukan pijat di usia kehamilan 5 bulan ke atas, di saat kondisi janin sudah cukup kuat. Pastikan kandungan Anda tidak bermasalah. Pijat sebaiknya dilakukan secara lembut, perlahan, dan terkendali. Hindari refleksi dan pijat di bagian tertentu seperti perut, pinggang, pinggul, telapak kaki, dan pergelangan tangan yang dapat menimbulkan kontraksi. Jika perlu terapis pilihlah yang bersertifikat dan terlatih memijat ibu hamil.

"HMM... JADI RILEKS."

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.