Stress SOS:

Pregnancy (Indonesia) - - Contents -

Mouth is Worth.

Masa-masa kehamilan dan setelah melahirkan adalah masa-masa rentan stres. Cobalah untuk mengurangi ketegangan dengan memanfaatkan mulut Anda. Bagaimana caranya? Yuk, simak tip dari PREGNANCY berikut ini:

BICARA POSITIF

Berbicara dengan diri sendiri bukan berarti membuat Anda tampak aneh. Cara ini ternyata dapat membantu atasi stres, lho. Sekadar bergumam mengutarakan pikiran yang ada di dalam kepala setidaknya dapat mengurangi beban pikiran Anda. Terlebih jika Anda mengucapkan kata-kata yang positif, cara ini dapat membantu Anda mengendalikan stres. Jangan pernah mengatakan Anda tidak bisa. Cobalah untuk memperlakukan diri sendiri dengan baik.

BERNYANYI

Ikutilah alunan musik yang dapat mengubah suasana hati dan memberi efek relaksasi. Pilih saja lagu dari penyanyi favorit Anda, dan nyanyikan setiap liriknya agar rasa penat dan tekanan yang membebani Anda terlupakan.

TERTAWA

Tertawa dipercaya sebagai obat yang dapat memperbaiki mood. Daripada membiarkan diri Anda larut dalam stres, lebih baik Anda mencoba tertawa. Saat tertawa, tubuh akan memproduksi hormon antistres lebih banyak, sehingga segala sesuatu dapat terasa lebih ringan. Selain dapat mengurangi ketegangan pada otot, tertawa juga dapat meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh, dan membantu mencegah risiko penyakit jantung. Tak ada teman tertawa? Manfaatkan acara atau film komedi, maupun bacaan komik lucu dan guyonan lainnya untuk memancing tawa Anda.

BERTERIAK

Siapa bilang berteriak tidak ada manfaatnya? Berteriak bisa membantu meringankan tekanan emosional yang dirasakan seseorang. Cara ini juga dapat mengurangi rasa takut dan membuat perasaan lebih baik. Anda pun bisa merasa lebih lega. Teriakan dapat memacu hormon adrenalin yang dapat membuat pembuluh darah di jantung melebar sehingga peredaran darah jadi lancar dan oksigen juga dapat mengalir. Tapi ingat, jangan berteriak saat batuk, radang, dan polip ya. Hindari juga berteriak di tempat yang ramai.

BERDOA

Semakin sering berdoa, maka semakin ikhlas dan tenang pula hati Anda. Menceritakan isi hati Anda kepada Tuhan seringkali dapat membawa efek yang luar biasa. Jangan lupa untuk berdoa, minta petunjuk dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi. Lalu, ingatlah untuk selalu bersyukur, sehingga Anda makin sadar bahwa semua milik Anda adalah pemberian Tuhan, dan belum tentu orang lain bisa seberuntung Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.