Serba Serbi Jarak Kehamilan

Pregnancy (Indonesia) - - Mommy Talk -

Mengingat tubuh Moms perlu waktu untuk pulih dari melahirkan, para ahli menyarankan jarak waktu ideal antar kehamilan adalah 18-48 bulan. Tetapi, tentu Moms dan pasangan memiliki rencana sendiri soal menambah jumlah anak ini. Jadi, mari simak temuan PREGNANCY mengenai sisi positif dan negatif jarak kehamilan tersebut.

✿ KURANG DARI 2 TAHUN

Beruntungnya, Anda yang memutuskan periode ini sering kali bisa kembali langsing karena terjadinya penurunan berat badan yang signifikan. Selain itu, Anda tentu jadi lebih terampil dalam menjalani kehamilan dan mengurus anak. Tapi, ada hal yang harus Anda pikirkan lebih dalam yaitu mengenai dampak psikologis pada anak pertama, yang mungkin masih memerlukan perhatian orangtuanya. Keadaan finansial keluarga juga harus diperhatikan, tidak murah lho, membiayai dua balita.

✿ ANTARA 2-4 TAHUN

Periode ini merupakan periode terbaik untuk Anda. Dalam rentan waktu ini, Anda dapat lebih mempersiapkan semuanya dengan matang. Jarak ini juga ideal bagi Anda yang menjadi wanita karier. Selain itu, pengaruhnya juga baik terhadap pola asuh dan kepribadian anak pertama Anda.

✿ SEKITAR 5 TAHUN ATAU LEBIH

Rentang waktu ini bisa memberikan ruang pada anak pertama Anda, sehingga akan mudah baginya kelak untuk menerima kehadiran Sang Adik. Anda dan suami pun jadi bisa berperan lebih lama dalam membesarkan anak hingga waktu yang diharapkan. Namun, sayangnya, pada periode ini Anda mungkin akan merasa cemas kembali layaknya seperti saat hamil pertama kali. P

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.