ANEMIA SAAT HAMIL

Pregnancy (Indonesia) - - Mom Sos -

QDok, belakangan ini saya merasakan pandangan yang gelap secara tiba-tiba. Apakah saya menderita anemia? Adakah langkah-langkah atau cara mudah untuk mengatasinya?

INAYA @E MAIL

A: Anemia merupakan gejala yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini akibat terjadinya pengenceran darah selama kehamilan yang disebabkan pertambahan plasma darah yang lebih banyak dibandingkan dengan volume sel darah merah. Untuk mengatasinya, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi

tinggi seperti daging merah, susu, telur, juga sayur berwarna hijau tua.

IMUNISASI FLU SAAT HAMIL

QDear dr. Febri, apakah saya boleh mendapatkan imunisasi flu saat hamil? Usia kandungan saya saat ini sudah berumur 4 bulan. Apakah aman?

APRIL @E MAIL A: Imunisasi flu saat hamil boleh-boleh saja dan tidak menjadi masalah. Sampai sejauh ini belum ada informasi mengenai dampak buruk yang timbul pada janin. Imunisasi flu pada ibu hamil umumnya menggunakan virus yang tidak aktif, berguna untuk menghindari influenza di musim dingin.

PAKAIAN KETAT

QSaya sangat mencintai kehamilan saya dan saya senang menunjukkan perut saya yang kian membesar. Apakah saya boleh mengenakan pakaian yang ketat, dok?

NITA @E MAIL

A: Hai Moms, boleh saja menggunakan pakaian yang menonjolkan kehamilan Anda. Yang menjadi persoalan adalah apakah Anda nyaman memakainya? Jika terlalu ketat, kenyamanan Anda dikhawatirkan akan terganggu. Selain itu, pakaian yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan bengkak di bagian tubuh tertentu, seperti kaki, karena adanya tekanan aliran darah.

PERAWATAN WAJAH

QSaya berencana memulai program hamil. Apakah menjalani perawatan wajah saat hamil diperbolehkan? Amankah obat serta krim wajah yang saya konsumsi pada kehamilan?

ANASTASYA @E MAIL

A: Perawatan wajah selagi hamil masih diperbolehkan. Tetapi, Anda harus mempertimbangkannya sekali lagi. Penggunaan bahan kimia pada wanita mengandung harus dikonsultasikan pada dokter. Hal ini berguna untuk mengetahui secara pasti aman atau tidaknya bahan tersebut.

AMANKAH ORAL SEKS

QDear dr. Febri, apakah berbahaya jika tertelan sperma saat hamil?

KARINA @E MAIL A: Apabila kondisi sperma suami normal, tidak apa-apa. Hal yang harus dipastikan adalah apakah pasangan memiliki infeksi atau penyakit seksual tertentu. Jika ada, hal ini bisa saja menular dan berbahaya.

KAKI BENGKAK

QDok, saya tengah hamil 7 bulan. Adakah cara cepat dan aman untuk atasi kaki yang bengkak pada ibu hamil?

GITA @E MAIL A: Sebanyak 80 persen ibu hamil mengalami keluhan kaki bengkak. Hal ini terjadi lantaran tekanan rahim yang membesar sehingga aliran darah balik dari tungkai menuju jantung jadi terhalang. Untuk mengatasinya, hindari menekuk kaki atau duduk terlalu lama. Gunakan pula pakaian yang nyaman agar tidak menekan aliran darah, serta lakukan olahraga ringan secara teratur untuk memperkuat otot pembuluh darah kaki. Cara lain, cobalah tinggikan posisi kaki saat tidur serta rendam kaki dengan garam relaksasi. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya setelah persalinan.

Gunakan daun kubis yang dingin untuk mengompres

kaki bengkak.

“KAKI SAYA KENAPA BENGKAK, YA?”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.