Korbankan Kamar Demi Void yang Lebar

Bagi sang penghuni, tak masalah punya ruang tidur yang mungil asal keluarganya bisa leluasa beraktivitas di ruang sekeliling void yang luas.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS MARIA JACLYN jaclyn@tabloidrumah.com

Bermula dari keinginan memiliki tempat tinggal sendiri setelah menikah, pasangan Patrisius Marvin Dalimartha (32) dan Varani Kosasih (29) memutuskan untuk membeli sebuah rumah tua di daerah Jakarta Barat. Isu rawan banjir tak menyurutkan niat mereka untuk membeli rumah yang dijual dengan harga cukup bersaing ini, karena daerah yang telah mereka tinggali semenjak kecil ini memberikan nostalgia tersendiri.

Keadaan rumah yang tak layak huni, lantas membuat orang tua dari Sabio Lemuel Dalimartha (1,5) ini memutuskan untuk merobohkan bangunan lama dan membangun baru. Kebetulan, berprofesi sebagai arsitek membuat Marvin dan Rani tak perlu pusing mencari-cari jasa arsitek lain untuk membangun rumah mereka. Sebaliknya, mereka pun bebas merancang dan menata rumah sesuai dengan kebutuhan dan selera keduanya.

Mengutamakan Void

Kuliah master di negeri kangguru saat perancangan dan pembangunan rumah, tak lantas membuat Rani menyerahkan perancangan pada Marvin seorang diri. Masing-masing tetap merancang dan mengajukan beberapa denah, meski pada akhirnya keduanya memutuskan untuk merealisasikan desain Marvin.

“Rani menggambar void- nya terlalu kecil, saya tidak suka. Jadi, desain saya deh yang dipilih,” tutur Marvin.

Void yang luas memang merupakan salah satu elemen penting untuk menghadirkan rumah yang lapang dan hemat energi, sesuai konsep utama mereka. Marvin, yang saat ini membuka biro perancangan sendiri bernama Lawang Studio, ingin membangun rumah tropis yang dapat merespon iklim di Jakarta.

Alhasil, berkat void yang sangat lebar dan arah hadap bangunan ke selatan, rumah selalu mendapatkan cahaya dan udara alami tanpa terasa panas atau pengap. Lampu dan pendingin udara (AC) dapat

Taman belakang hadir memberikan sinar matahari dan udara alami yang berlimpah ke dalam ruangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.