“Hotel” dengan Selera Pribadi

Walau ditata layaknya hotel berbintang, tak dapat dipungkiri, kehangatan suasana kekeluargaan tetaplah dapat dirasakan.

Rumah - - Rumah Kita - TEKS PUSPITA DEWI dewi@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, ARIF BUDIMAN

Berawal dari kebiasaan pemilik apartemen yang kerap mengurus bisnisnya di Jakarta dengan mobilitas tinggi, Devy Anggraeny, sang desainer menata penthouse ini dengan nuansa hotel yang nyaman dan mewah. Sehingga ketika pemilik penthouse ini datang dari kota asalnya, ia merasa berada di sebuah hotel bintang lima, tempat yang berbeda dengan rumah.

Keluarga kecil yang terdiri dari orang tua dan 3 orang anaknya ini memang secara rutin mengisi acara untuk libur bersama di sela-sela kesibukan bisnisnya. Diharapkan, liburan bersama di penthouse ini akan mampu menghilangkan kebosanan. Itulah sebabnya ruang-ruang terbuka diciptakan di tengah area untuk mempermudah komunikasi antar-anggota keluarga.

Penthouse yang ketinggiannya setara dengan lantai 37 sebuah apartemen ini dimanfaatkan seluasluasnya untuk menikmati keindahan kota dari jendela. Desainer pun menata furnitur di setiap ruangnya dengan pandangan ke arah ke jendela.

Terbuka dan Ramah

Ketika memasuki ruang, penghuni akan disambut oleh sebuah foyer mungil yang diisi dengan 2 buah kursi. Sengaja dipilih kursi putar agar terasa lebih nyaman ketika diduduki dan dapat mengubah arah pandangan tanpa harus mengubah posisi dudukannya. Walau demikian, kesan anggun tetap terasa karena kursi berwarna hitam, ditambah dengan ornamen berupa lampu gantung yang juga berwarna hitam.

Ruang tengah sebagai ruang terbuka mendapat porsi besar di hunian ini. Ruang keluarga, ruang makan, dan dapur ditata menerus tanpa sekat sehingga menghadirkan kesan leluasa. Warna hitam, abu-abu, dan putih bermain dalam komposisi yang ringan namun elegan. Tersedianya jendela

yang lebar menjadikan ruang ini sebagai ruang favorit karena seluruh keluarga dapat menikmati pemandangan kota tanpa terhalang. Tiga buah lampu gantung warna hitam dengan komposisi menarik menjuntai dari plafon membuat ruang keluarga terasa hangat.

Jika di ruang lain terasa kuat sentuhan gaya modern, sedikit kesan berbeda terasa di ruang makan. Ruang makan ini ditata dengan sentuhan gaya modern

classic. Terlihat dari pilihan model furniturnya yang dipermanis dengan sedikit lengkungan yang mampu menghilangkan kesan kaku.

Ruang Kerja Penuh Inspirasi

Sesuai konsep awal sang desainer, bahwa pemandangan kota dimanfaatkan seluas-luasnya untuk dinikmati dari ketinggian, ruang kerja pun diletakkan dekat jendela. Urusan bisnis yang harus diselesaikan sebelum bertemu dengan relasi dikerjakan di sini. “Harapannya, ruang kerja yang semi terbuka ini membuat pemilik tidak merasa suntuk ketika berada di dalamnya,” Devy menuturkan.

Meja berkaki tinggi dilengkapi kursi yang ergonomis mendukung kenyamanan pemakainya. Ruang penyimpanan yang terbuka dimanfaatkan untuk meletakkan buku-buku dan pajangan agar tertata rapi.

Berkat vista yang menarik, pemilik pun tak bosan menyelesaikan tugasnya di ruang ini, bahkan hingga tengah malam. Lampu-lampu jalan raya dan gedung-gedung tinggi seolah memberi inspirasi lahirnya ide baru bagi bisnis sang pemilik.

Ruang Privat

Setelah menyelesaikan urusan pekerjaan, istirahat dengan suasana yang nyaman tentulah menjadi dambaan sang pemilik penthouse ini. “Pada kamar utama, warna yang diaplikasikan adalah warna hitam, putih, dan abu-abu dipadu dengan warna-warna natural, yaitu cokelat dan krem,” tutur Devy.

Panel dinding yang menjadi latar belakang headboard memberi corak berupa garis geometris yang sederhana namun memikat. Sedangkan pada panel TV, material yang digunakan adalah kaca hitam. Tujuannya, area ini memiliki satu kesatuan warna dengan TV, ketika TV tidak difungsikan. Namun, ketika TV dinyalakan, TV ini akan menjadi

focal point bidang ini karena adanya warna pada layarnya.

Kenyamanan ala hotel berbintang lima inilah yang membuat pemilik penthouse ini berusaha mencuri waktu di tengah kesibukan bisnisnya untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga.

Kesan modern, simpel, namun elegan pada ruang kerja ini menjadi

tempat yang nyaman untuk menyelesaikan tugas, didukung dengan meja dan kursi yang

desainnya ergonomis.

Memasuki hunian ini, sebuah ruang foyer menawarkan kenyamanan dengan 2 dua buah sofa putar. Lampu gantung dan lampu sudut menaburkan cahaya yang menawan pada ruang ini.

Ruang tidur utama yang menawarkan kenyamaan istirahat sesudah pemilik bertemu dengan klien. Padded wall yang lembut menjadi latar belakang yang menawan untuk headboard dan sebuah bench menambah kesan elegan ruang ini.

Dalam balutan warna putih, dapur modern ini dilengkapi dengan meja bar yang diterangi dengan lampu gantung yang unik desainnya.

Terdapat sebuah kamar mandi di ruang tidur utama, yang hanya dipisahkan dengan dinding kaca. Penempatan bathub berukuran besar pada sudut kamar mandi, serta pemilihan material marmer pada dinding dan lantainya, membuat kamar mandi ini terkesan elegan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.