Lantai Semen Ekspos Cantik ala Industrial

Kesan “jadul” dan tradisional tidak lagi melekat pada lantai berpenutup semen. Lewat teknik yang tepat, semen dapat membuat ruangan tampil chic dan menarik. Seperti yang dihadirkan pada interior ruang ini.

Rumah - - Interior - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN LOKASI RUMAH KERINCI, JALAN KERINCI III, NO. 9 KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN DESAINER 2MADISON DESIGN HOUSE

Ingatkah Anda pada rumah tradisional masa lalu yang menggunakan semen sebagai penutup lantainya? Ya, sebelum adanya keramik, semen adalah material yang kerap kali digunakan sebagai penutup lantai. Saat ini, semen ekspos kembali dipopulerkan dalam desain interior. Rupanya material yang “ditelanjangi” tanpa penutup ini pun menjadi menarik untuk ditampilkan. Terkesan tradisional dan kaku? Tentu tidak. Justru kehadiran teknik ekspos ini menampilkan kesan natural yang modern.

Buktinya salah satu ruang di bangunan Rumah Kerinci. Ruang yang dijadikan tempat memasak ini menggunakan teknik ekspos pada lantainya.

Menghadirkan lantai semen ekspos ini terbilang mudah, karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli keramik. Bahan utama pembuatnya adalah campuran semen dan pasir halus atau pasir pantai, kemudian sebelum dicor, sebuah cetakan disiapkan untuk membuat aksen nat agar terkesan seperti ubin pada umumnya. Ukuran ubin cetakan tergantung selera, Anda bisa menggunakan yang besar-besar ataupun kecil. Setelah itu, beri lapisan semen tipis sekitar 2mm pada bagian atasnya.

Selain hemat biaya material, penggunaan semen ekspos pada lantai ini juga praktis dan hemat waktu. Jadi, biaya ongkos tukang bisa dipangkas secara maksimal, kan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.