Tanaman

Rumah - - Eksterior -

Keindahan taman dipengaruhi oleh aneka jenis tanaman—baik tanaman penutup tanah, semak, perdu, dan tanaman pelindung. Pemilihan jenis tanaman juga didasarkan pada daya tahan tanaman terhadap panas, mengingat daerah ini termasuk daerah yang selalu disinari matahari. Warna dan bentuk daun yang unik juga jadi pertimbangan.

Pemilik rumah memilih jenis tanaman yang menjadi focal point seperti misalnya cemara udang. Tanaman ini menjadi fokus perhatian untuk taman bagian depan. Ia juga menanam bambu kuning berjajar sepanjang dinding yang membatasi area rumah dengan jalan. Selain menjadi peneduh, bambu kuning ini sekaligus menjadi batas yang bisa menghalangi pandangan orang luar ke dalam area rumah. Sebagai tanaman penutup ( ground cover) dipilih rumput gajah mini, dengan pertimbangan rumput jenis ini mudah tumbuh dan menyebar. Perawatannya pun lebih mudah.

Penanaman dibuat berkelompok dengan mempertimbangkan di mana posisi taman. Di lorong ini, taman akan terlihat dari jendela kamar anak. Maka diusahakan jenis tanaman yang ada menampilkan keceriaan, baik daun maupun bunganya. Untuk mencegah terjadinya genangan air pada taman, maka ketinggian tanah dibuat menurun ke arah depan rumah sehingga air langsung mengalir ke got di depan rumah.

Calathea dengan daun yang lebar warna hijau kekuningan dipadu dengan bayambayaman merah menyala menyegarkan sudut taman di area ini.

Kumpulan tanaman tahan panas dan minim perawatan. Tricolor sebagai tanaman peneduh, aneka jenis bromelia dan phylo menjadi tanaman semak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.