Step by Step Sistem Rangka Atap Baja Ringan

Rumah - - Sudut -

Berbeda dengan pemasangan material lain yang cenderung sederhana, ketika Anda memilih material ini, maka Anda akan memilih sebuah sistem rangka atap. Bagaimana prosesnya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Datangi Produsen atau Distributor Resmi

Mungkin Anda sering menemukan plang berisi keterangan seputar penjualan rangka atap baja ringan di pinggir jalan. Pastikan terlebih dulu, apakah toko bangunan tersebut merupakan distributor resmi? Ada baiknya Anda mencari merek-merek produk yang sudah jelas tersertifikasi.

“Bahkan, sekarang tak hanya materialnya yang memiliki sertifikat. Pada Desember 2013, SNI mengenai sistem rangka atap baja ringan, termasuk material, ruang lingkup, pengujian, penghitungan, hingga pemasangannya, sudah terbit ke kalangan khalayak luas,” ujar Gito.

2. Siapkan Desain dan Gambar Kerja

Selain material, hal yang harus diperhatikan adalah desain dan bentuk atap yang diinginkan. Desain ini terpaut pula pada pemilihan material serta profilnya, kondisi geografis rumah tersebut, penggunaan material genting, hingga bentuk rumah yang sudah ada. Persiapkan gambar kerja dari arsitek atau pengembang, sehingga Anda tak kesulitan ketika berhubungan langsung dengan produsen.

3. Perhitungkan Bersama Produsen

Perhitungan merupakan salah satu bagian dari sistem ini. Salah hitung sedikit, hal itu dapat berakibat fatal terhadap rumah Anda. Sekarang, sudah ada software untuk menghitung kemungkinan kebutuhan ukuran dan desain rangka atap. Software tersebut bahkan sudah mengacu pada SNI. Biaya akhir pun akan keluar dalam proses perhitungan ini. “Semakin luas bentangan atapnya, maka semakin lama pula waktu dan biaya yang diperlukan,” ujar Gito. Sebagai acuan, biaya yang dibutuhkan untuk sistem rangka atap baja ringan bermerek J-Steel, berkisar antara Rp180.000 - Rp280.000/m2.

4. Perhatikan Pemasangannya

Yang terakhir, perhatikan proses pemasangannya. Pastikan bahwa proses pemasangan ini dilakukan oleh para aplikator terpercaya yang ahli dalam bidangnya. Harus benar-benar presisi, karena ukuran rangka baja ringan ini cenderung tipis; setebal 0,6cm—0,75cm. Pemasanganlah yang memengaruhi kekuatan rangka ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.