RENOVASINYA ENGGAK HARUS RIBET

Bocor, bergelombang, dan berlumut. Tiga masalah inilah yang kerap kali hinggap di plafon hunian kita. Untuk mengatasinya, simak ulasannya berikut ini! PLAFON

Rumah - - Sudut - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com

Plafon seharusnya berfungsi sebagai pelindung rumah dari sinar matahari dan rembesan air saat hujan. Namun, fungsi itu tidak lagi bekerja secara optimal ketika bagian plafon tersebut rusak atau mengalami kebocoran. Seperti yang dialami Santy Damayanti (32) karyawati sekaligus ibu rumah tangga yang baru-baru ini mengeluh tentang plafonnya yang berlubang akibat tergerus oleh air hujan. “Mungkin akibat tetesan air yang terus-menerus makanya plafonnya jadi bolong,” keluh Santy kepada Tabloid RUMAH.

Rupanya, masalah itu tidak hanya terjadi pada gipsum. Material kayu, tripleks, dan fiber semen pun rentan dilanda masalah. Budi H. Christanto, Direktur PT Delta Putra Jaya, kontraktor dan desainer interior, mengatakan material kayu atau tripleks rentan terhadap rayap dan jamur, ketahanan pada airnya pun kurang, sehingga dari sisi kerapuhan material ini paling rapuh di antara gipsum dan fiber semen.

Dalam hal perbaikan, Indra Budi Wibowo, Techincal Manager PT Petrojaya Boral Plasterboard (Jayaboard), menuturkan pada dasarnya kerusakan pada plafon dapat dibenahi hanya dengan membuang bagian yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Namun, permasalahannya terletak pada keterampilan tukang dan produk plafon itu sendiri, karena bila salah sedikit tak jarang pemilik rumah harus mengganti keseluruhan plafon. Nah, berikut kami suguhkan cara-cara mudah dan sederhana dalam memperbaiki plafon Anda yang rusak.

DOK. PETRAJAYA BORAL PLASTERBOARD

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.