Tertarik Pindah Bank?

Rumah - - Sudut -

Pada saat masa angsuran berlangsung, kadang kala kita dihadapkan pada dilema yang berkaitan dengan bunga bank. Contohnya, kita mengambil pinjaman KPR renovasi pada sebuah bank selama 10 tahun. Menjelang tahun ketiga atau keempat kok rasanya angsurannya tidak juga mengecil sedangkan kebutuhan lain bertambah. Sementara itu, bank lain terjadi menawarkan promosi, memberikan bunga lebih kecil pada 2 tahun pertama bagi yang ingin mengalihkan pinjamannya atau take over.

“Tawaran bunga lebih kecil tentu sangat menarik!” kata Rini Soetikno, perencana keuangan pada Mitra Rencana Edukasi. “Seberapa menariknya sehingga kita rela pindah, harus kita pelajari dengan saksama,” kata Rini melanjutkan.

Caranya, Rini menyarankan untuk menghitung bunga yang sudah dibayarkan ke bank yang sekarang, mulai awal kredit hingga sekarang. Lalu, hitung pula sisa bunga yang harus dibayar hingga masa pinjaman berakhir “Harus dihitung rupiahnya, bukan persentasenya,” ucap Rini mengingatkan, karena itu lebih mudah membandingkannya.

Agar perhitungannya seimbang, kata Rini, periode peminjaman juga harus sama. Contohnya, kita mengambil KPR Renovasi selama 8 tahun, telah berlangsung 3 tahun, dan ingin pindah di tahun keempat. Maka, KPR yang diambil pada bank baru pun harus dengan jangka waktu yang sama, yaitu 5 tahun yang tersisa. Dari hitungan tersebut, akan terlihat bahwa lebih besar mana sisa angsuran di bank yang sekarang atau perkiraan angsuran di bank baru dengan sistem bunga mengikuti di tahun-tahun berikutnya.

Jangan lupa, sebagai nasabah baru, Anda akan dikenakan biaya notaris, provisi, dan biaya appraisal. “Nah, jangan-jangan, total bunga dan biaya di bank baru lebih tinggi dari sisa bunga yang harus dibayarkan di bank sekarang,” tutur Rini mengingatkan. Jadi, yang penting, Anda harus mantap di saat mengambil pinjaman KPR sebuah bank dan bijaksanalah dalam menyikapi penawaran lain yang tampaknya menggiurkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.