Kredit Multiguna

Rumah - - Sudut -

Kredit multiguna disediakan oleh bank untuk memenuhi berbagai kebutuhan, misalnya sekolah, pengembangan usaha, dan renovasi. Pada kebanyakan bank, syarat utama untuk mendapatkan kredit multiguna ini adalah adanya agunan berupa rumah. Selain IMB dan PBB, sertifikat asli rumah harus diserahkan ke bank hingga pinjaman berakhir pada jangka waktu tertentu. Sedangkan Bank BCA memperbolehkan mobil menjadi barang agunan selain rumah.

Kredit multiguna termasuk kredit konsumtif ditawarkan dengan bunga yang berbeda-beda sesuai program masing-masing bank. Contohnya, saat ini KPR renovasi yang ditawarkan oleh BNI bunganya 12,5% maksimal selama 10 tahun. Sedangkan Bank Mandiri menawarkan bunga tetap 11% untuk tahun pertama, untuk tahun berikutnya disesuaikan dengan suku bunga yang berlaku.

“Prosesnya cukup singkat, sekitar 2 minggu jika semua persyaratan dipenuhi,” Agus Parwadi, salah satu marketing Bank Mandiri menerangkan. Sedangkan BCA menawarkan bunga tetap selama tahun bagi yang berpenghasilan tetap atau bunga fluktuatif bagi mereka yang pendapatannya berubah-ubah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.