PESONA ELEGAN SI KAYU HITAM

Keawetan setara dengan kayu jati, warnanya gelap dengan serat yang unik. Inilah daya tarik sonokeling

Rumah - - Material - TEKS HOTMIAN SIAHAAN hotmian@tabloidrumah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Indonesia dengan kawasan hutan tropisnya yang cukup luas, merupakan salah satu negara penghasil kayu keras berkualitas tinggi terbesar di dunia. Selain jati, yang namanya sudah tersohor di mancanegara, terdapat beberapa jenis kayu lain yang tidak kalah bagus. Salah satunya adalah sonokeling.

Kayu ini dihasilkan dari pohon sonokeling atau sanakeling dengan nama latin Dalbergia latifolia Roxb. Dalam sistem kekerabatan tanaman, sonokeling termasuk anggota dari keluarga Fabaceae.

Dalam perdagangan internasional, kayu ini memiliki nama lain, seperti Indian rosewood, Bombay blackwood atau Java palisander (Inggris), palisandre de I’Inde (Prancis). Di Jawa, kayu ini dikenal sebagai sonobrit dan sonosungu, atau kayu hitam.

Serat Kayu Indah

Keberadaan kayu sonokeling memang tidak sepopuler jati. Namun, bukan berarti kualitasnya kalah kelas dengan jati. Kayu ini memiliki banyak keunggulan, yang tidak dipunyai kayu lain. Keunggulan utamanya terletak pada serat dan tesktur kayunya.

Serat dan tekstur kayu sonokeling tergolong indah dan bernilai dekoratif. Tekstur kayunya cukup halus dengan arah serat lurus dan kadang kala berombak. Menurut Yohanes N dari Magenta Supplies, produsen furnitur berbahan kayu sonokeling, kayu sonokeling berada di kelompok kayu indah kelas 1, bersama kayu jati. Artinya kedua kayu ini (sonokeling dan jati) memiliki keindahan yang setara.

Keindahan kayu sonokeling juga didukung oleh warnanya yang unik. Bagian tengah kayu (kayu teras) ini berwarna cokelat ungu tua dengan garis-garis berwarna lebih tua sampai hitam. Coraknya yang unik inilah yang menjadikan kayu sonokeling banyak digemari pembuat furnitur maupun handicraft berkelas tinggi. Furnitur yang dibuat menggunakan kayu ini terlihat mewah dan menarik.

Termasuk Kayu Keras

Kayu sonokeling juga tergolong ke dalam kayu keras dengan bobot sedang hingga berat. Sebagai kayu keras berarti kayu ini memiliki pori-pori yang rapat sehingga tidak mudah lapuk atau tidak selunak kayu randu atau kayu kapuk dan sejenisnya. Berat jenisnya 0,77— 0,86 pada kadar air sekitar 15%.

Meski tergolong kayu keras, kayu sonokeling cukup mudah untuk diproses, seperti dipotong, digergaji, diukir, dan diampelas. Karakter ini juga yang menjadikan kayu sonokeling cocok dan banyak digunakan sebagai bahan baku

berbagai produk olahan kayu dengan kualitas bagus.

Tahan Serangan Rayap

Tidak hanya itu. Kayu sonokeling termasuk kayu awet. Berdasarkan klasifikasi keawetannya, kayu ini berada dalam satu kelas dengan kayu jati, yaitu kelas awet I (sangat awet). Ini menunjukkan kayu sonokeling memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap serangan jamur, rayap, bubuk, atau serangga perusak kayu lainnya, meskipun tanpa diberi bahan pengawet kayu terlebih dahulu.

Keawetan kayu tersebut disebabkan adanya zat ekstraktif (semacam getah) yang dihasilkan oleh kayu itu sendiri, yang merupakan unsur racun bagi perusak kayu, seperti rayap. Zat ekstraktif tersebut terbentuk pada saat bagian tepi atau pinggir kayu (sering disebut kayu gubal) berubah menjadi kayu teras (inti kayu). Sehingga pada umumnya kayu teras lebih awet dari kayu gubal.

Karakter kayu yang demikian menjadikan sonokeling sangat ideal sebagai bahan untuk pembuatan furnitur.

Ini Kekurangannya!

Meski memiliki banyak kelebihan, kayu sonokeling juga punya kekurangan. Warna kayunya yang unik, juga menjadi kelemahan dari kayu ini. Mengapa? Sebab, bagi Anda yang suka dengan furnitur yang finishing- nya menggunakan warna-warna terang atau natural seperti walnut brown, cocoa brown, dan lain-lain, furnitur berbahan kayu sonokeling ini kurang cocok, sebab warna alami kayunya sudah gelap, sehingga tidak bisa di- finishing dengan warna-warna terang atau warna natural.

Kekurangan lainnya terletak pada kadar airnya yang cukup tinggi, sehingga bisa menyebabkan bentuk furnitur berubah (melengkung) jika dibuat dari kayu yang masih basah. Solusinya adalah kayu harus dikeringkan (dioven) dulu hingga kadar air menyusut 8-10%, baru diolah menjadi furnitur.

DOK. MAGENTA SUPPLIES

LOKASI Parket kayu sonokeling dengan finishing natural terkesan mewah dan elegan.

KEDIAMAN GATOT, APARTEMEN GP PLAZA SLIPI, JAKARTA.

Kayu sonokeling banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis furnitur, seperti kursi.

Kulit luar Kulit dalam Kambium Kayu gubal Kayu teras Jari-jari teras

Hati Penampang kayu sonokeling.

Keunggulan utama kayu sonokeling, salah satunya terletak pada serat dan tekstur kayunya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.